Kwarcab Gerakan Pramuka Lingga Gelar Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang 3

Lingga79 Views
banner 468x60

Selingga.com (06/03) Dabo. Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lingga melaksanakan serangkaian kegiatan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang 3 (LT-3) yang dilaksanakan di lokasi perkemahan Kebun Jengkol, Kelurahan Sungai Lumpur, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. Dalam kegiatan yang dimulai dari Jumat (04/03) tadi, para peserta Pramuka Penggalang sudah mulai masuk Bumi Perkemahan pada Kamis (03/03) dan berakhir pada Minggu (06/03) sore. Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Lingga, Junaidi Adjam pada kegiatan malam api unggun, Sabtu malam (05/03) tadi mengatakan kalau kegiatan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang 3 tersebut bertujuan untuk melatih keterampilan para peserta dari tingkat Penggalang tersebut.

“Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk melatih adik-adik di tingkat Penggalang dalam rangka untuk keterampilan di dalam berbagai lomba serta diikuti 4 Kwartir Ranting, yakni dari Kecamatan Lingga, Kecamatan Singkep, Kecamatan Singkep Barat, dan Kecamatan Singkep Selatan,” kata Junaidi.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Lingga, Junaidi Adjam

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Lingga ini berharap melalui kegiatan tersebut adik-adik tingkat Penggalang bisa terampil di berbagai bidang yang ada.

“Kita berharap dalam kegiatan ini akan menghasilkan adik-adik yang tentunya terampil di berbagai bidang, baik itu PBB, hasta karya, pionering, lomba memasak, maupun kegiatan kesenian, dan sebagainya. Cukup banyak kegiatan yang kita lakukan untuk melatih adik-adik tingkat Penggalang yang mungkin akan kita kaderkan nantinya untuk Kwarda dan sampai tingkat Kwarnas,” terang Junaidi.

Selain itu pada kegiatan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang 3 itu juga diharapkan mampu mengembangkan karakter dan jati diri bagi pesertanya.

“Kegiatan ini bukan saja kita harapkan untuk menambahkan keterampilan adik-adik kita di bidang kepramukaan saja, tetapi juga untuk menanamkan jati diri mereka, karakter mereka. Karena selama mereka melakukan pelatihan di Bumi Perkemahan ini, mereka tentunya diisolasi. Masing-masing regu putra-putri diisolasi selama beberapa hari dan tidak boleh dibimbing, dibina oleh pelatih mereka atau pembina Pramuka mereka,” papar Junaidi.

Baca juga :   Pelepasan Siswa-siswi Kelas VI SDN 013 Lingga

Junaidi menerangkan kalau selama digelarnya pelatihan tersebut, adik-adik tingkat Penggalang harus melakukan aktivitasnya sendiri.

“Karena kita menginginkan mereka bisa berpikir dan berbuat secara mandiri, selama mereka berada di kemah mereka masak sendiri, melakukan aktivitas sendiri. Seyogyanya bagaimana karakter kita menghadapi kehidupan ini yang diharapkan ke depannya nanti bisa mampu secara mandiri,” kata Junaidi.

Terakhir, Ketua Gerakan Pramukan Kwarcab Lingga ini memberikan apresiasi terhadap pihak-pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang 3 itu.

Kwarcab Gerakan Pramuka Lingga Gelar Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang 3

“Saya rasa ini memang sangat besar manfaat yang kita lakukan dan adik-adik kita ini merupakan yang terpilih dari tingkat Kwartir Ranting dari 4 kecamatan. Terima kasih kami kepada semua pihak yang telah mendukung, Mabiran, Kwarran termasuk juga kakak-kakak Pembina dari masing Kwarran sehingga dari sekian Kwarran, 4 yang mampu mengirimkan untuk mengikuti lomba di tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lingga ini,” kata Junaidi. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *