Mantan Ketua Mahasiswa Lingga-Yogya Berharap Sosok Perempuan Tampil di Pilkades Serentak Kabupaten Lingga

Mantan Ketua Mahasiswa Lingga-Jogja, Sutarman

Selingga.com (12/06) Dabo. Sejauh ini ada sekitar 75 desa yang ada di dalam wilayah Kabupaten Lingga yang akan menggelar Pilkades serentak se-Kabupaten Lingga yang dijadwalkan pada tanggal 21 Juli 2021 mendatang. Sejalan dengan itu, mantan Ketua Mahasiswa Lingga-Jogja, Sutarman, melihat kalau dengan adanya UU tentang desa saat ini, tugas dan wewenang desa semakin besar untuk mengelola desa agar menjadi lebih baik lagi.

“Adanya UU No 6 Tentang Desa, tugas wewenang desa semakin besar dalam penataan dan pengelolaan desa yang lebih baik. Yang mana menjadi harapan bahwa desa mampu berdiri sendiri dalam upaya pengembangan pembangunan desa dan peningkatan ekonomi masyarakat menjadikan sumber pendapatan desa. Jelas dinyatakan adanya UU Desa menjadikan desa maju, mandiri dan sejahtera, membangun dari pinggiran,” kata Sutarman kepada Selingga.com pada Sabtu (12/06) tadi melalui pesan elektronik.

Sutarman yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kabid Pemdes di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lingga, menambahkan kalau pemerintah desa nantinya harus bisa menyusun Sustainable Development Goals (SDGs).

“Dengan Adanya Peran Intruksi Kementerian Desa bahwa pemerintah desa wajib menyusun SDGs Desa dan Data Potensi Desa agar kedepannya desa memiliki data sesuai sumber dan potensi yang akan dikembangkan dengan baik,” kata Sutarman.

Sutarman juga menambahkan kalau peran perempuan juga mesti harus dipertimbangkan dalam pembangunan desa kedepannya.

“Disebutkan bahwa SDGs Desa adanya pemberdayaan perempuan perlu ditingkatkan dalam peran pembangunan desa. Artinya banyak harapan kita bahwa perempuan memiliki potensi-potensi dalam memimpin dan jadi pemimpin,” kata Sutarman.

Terakhir, Sutarman yang kini menjabat sebagai Camat Kepulauan Posek ini berharap kalau kaum perempuan bisa tampil sebagai sosok baru dalam kepemimpinan desa nantinya.

“Perempuan memiliki hati yang lembut, penuh dengan kehati-hatian, kepedulian dan perhatian kepada sekitarnya. Saya berharap ada Bakal Calon (Balon) kepala desa serentak 2021 ini dari kalangan perempuan yang hadir dan tampil sebagai sosok baru dalam memimpin desa di Kabupaten Lingga,” kata Sutarman. (Im).

Read Previous

Bersama Batalyon Zeni II Marinir Surabaya, Puslatpur Marinir 9 Dabo Singkep Gelar Kegiatan Bedah Rumah Warga

Read Next

Kelurahan Dabo Gelar Rapat Evaluasi Kegiatan Posko PPKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *