Masjid 2 Lantai Bentuk Sumbangsih Alumni SMA Negeri 1 Singkep

Lingga76 Views
banner 468x60

Selingga.com (15/08) Dabo. Pembangunan masjid di lingkungan SMA Negeri 1 Singkep, Kabupaten Lingga telah rampung dikerjakan. Bangunan Masjid Fastabiqul Khairat di lingkungan SMA Negeri 1 Singkep tersebut merupakan sumbangsih alumni dari sekolah tersebut. Saat ini beberapa kegiatan keagamaan telah dilaksanakan di masjid yang berada di tengah-tengah lingkungan SMA Negeri 1 Singkep tersebut. Perwakilan alumni SMA Negeri 1, Junahar, saat ditemui pada Sabtu (14/08) tadi mengatakan kalau awalnya pihak sekolah hanya berniat ingin merehab surau sekolah hingga pihak alumni saat itu berniat untuk membangunnya lebih besar dari sebelumnya.

“Awalnya pihaknya sekolah ingin merehab surau sekolah. Kita sampaikan kalau sama bentuknya seperti sebelumnya, percuma. Jadi, kami alumni berunding bagaimana bangunan tersebut dibuat 2 lantai agar dapat juga dipergunakan untuk kegiatan keislaman nantinya di sini,” kata Junahar.

Masjid 2 Lantai Bentuk Sumbangsih Alumni SMA Negeri 1 Singkep

Setelah perundingan bersama alumni, Junahar mengatakan kalau pembangunan masjid kemudian mulai digesa.

“Setelah berunding juga dengan kawan-kawan alumni yang berada di luar daerah, akhirnya ada ide dan didesain ulang lagi. Dengan modal awal, kita jalan dulu, kemudian kita mengadakan rapat pertemuan alumni dan minta setiap alumni untuk menyumbang,” kata Junahar.

Selain itu dengan 50 tahun telah berdirinya SMA Negeri 1 ini dijadikan momen terkait dengan adanya pembangun masjid tersebut.

Masjid 2 Lantai Bentuk Sumbangsih Alumni SMA Negeri 1 Singkep

“Pas 50 tahun berdirinya SMA Negeri 1 Singkep, Pak Hazirun (Kepsek SMA Negeri 1 Singkep-red) minta melalui momen alumni yang ke-50 tahun agar ada sebuah karya, ya berupa masjid ini,” kata Junahar.

Sedangkan teknis untuk penggalangan dana, Junahar mengatakan kalau hal tersebut dilakukan dengan menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi antaralumni yang ada.

“Untuk teknis penggalangan dananya melalui setiap angkatan alumni. Melalui media sosial kita tetap melakukan komunikasi. Kemudian ada yang perorangan yang memang sedang lebih rezeki, terkadang ada juga yang langsung ke sini untuk menyerahkan bantuan,” kata Junahar.

Baca juga :   HUT ke-75 TNI-AL, PWI Lingga Kunjungi Lanal Dabo, Letkol Laut Zul Fahmi Berharap Bisa Berbagi Informasi Buat Kemajuan Daerah

Selain itu diketahui juga kalau dari pihak Pemkab Lingga diketahui akan memberikan bantuan dana untuk masjid tersebut. Sementara itu, ustad Ilhamuddin selaku pengurus Masjid Fastabiqul Khairat SMA Negeri 1 Singkep mengatakan kalau saat ini telah dilaksanakan beberapa kegiatan keagamaan di masjid tersebut serta telah terbentuk juga Komunitas Literasi Alquran.

“Karena para alumni telah membantu secara fisik, maka kami membantu dari segi pemakmurannya. Untuk anak-anak didik kita, kami mendirikan Komunitas Literasi Alquran dengan jumlah anak yang bergabung di dalamnya sekitar 20 orang anak. Kegiatannya dimulai dari setelah salat Ashar berjamah menjelang Maghrib di masjid ini dari hari Senin sampai Kamis. Kalau untuk hari Jumat, ada kajian fiqih, bahasa arab, dan sebagainya. Kalau untuk hari Sabtu, mereka belajar tilawah, serta hari Minggu, istirahat,” kata ustad Ilhamuddin.

Masjid 2 Lantai Bentuk Sumbangsih Alumni SMA Negeri 1 Singkep

Selain itu, ustad Ilhamuddin menambahkan kalau ada program tambahan yang melibatkan pelajar setingkat TK, SD, dan SMP.

“Untuk malam Jumat, kami menggelar kegiatan yasinan rutin bersama guru dan murid. Untuk malam Sabtu, mereka ada kegiatan belajar bersama, dan malam Minggu ada pengembangan kepribadian dan potensi anak-anak. Saat ini ada juga program tambahan. Kalau Senin sampai Jumat, ada tambahan pendidikan Alquran buat anak-anak usia TK, SD, dan SMP dan ini telah berjalan sekitar 1 bulan tadi. Alhamdulillah sudah ada 25 santri dan kami tutup karena kita lebih mendahulukan kualitas,” kata ustad Ilhamuddin. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *