Masuki Tahapan Krusial, Bawaslu Lingga Selenggarakan Bimtek Panwaslu Kelurahan dan Desa

Lingga46 Views
banner 468x60

Selingga.com (04/09) Dabo. Dalam rangka pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Bawaslu Kabupaten Lingga menyelenggarakan Bimbingan Teknis Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Lingga pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati tahun 2020 ini, pada Kamis (03/09) tadi di Holtel Prima Inn di Dabo, Kabupaten Lingga. Ketua Bawslu Kabupaten Lingga, Zamroni, usai kegiatan mengatakan kalau kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Panwas desa dan kelurahan untuk melakukan pengawasan di wilayah mereka.

“Tujuan kegiatan pada hari ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan Panwas desa dan kelurahan untuk melakukan pengawasan di level desa ataupun di kelurahan,” kata Zamroni.

Masuki Tahapan Krusial, Bawaslu Lingga Selenggarakan Bimtek Panwaslu Kelurahan dan Desa

Selain itu, Zamroni menambahkan kalau hal tersebut juga terkait dengan sudah dimasukinya tahapan-tahapan krusial dan juga sudah memasuki pada tahapan pencalonan di Pilkada serentak saat ini.

“Seperti yang kita ketahui, sekarang sudah mulai memasuki tahapan-tahapan krusial. Tanggal 4-6 September 2020 juga sudah masuk kedalam tahpan pencalonan dan akan diteruskan dengan tahapan kampanye dan ini sangat penting untuk Panwas kelurahan dan desa untuk melakukan pengawasan di tingkat desa dan kelurahan. Makanya hari ini kita lakukan bimtek untuk lebih mengasah kemampuan para Panwas desa dan kelurahan. Kegiatan hari ini diikuti oleh seluruh Panwas desa dan kelurahan se-Kabupaten Lingga,” kata Zamroni.

Masuki Tahapan Krusial, Bawaslu Lingga Selenggarakan Bimtek Panwaslu Kelurahan dan Desa

Sementara itu, Kapolres Lingga, AKBP Boy Herlambang, usai menjadi narasumber di kegiatan tersebut, kepada pihak media mengatakan kalau untuk pengamanan jalannya pendaftaran calon nantinya, pihaknya sudah menyiapkan personel sebanyak 30 orang petugas.

“Pengamanan untuk pendaftaran calon, pasukan sudah kita geser ke sana dan telah kita siapkan pengamanan sebanyak 1 pleton atau 30 orang di bawah pimpinan Kabag Ops Polres Lingga. BKO dari Polda Kepri akan datang setelah tahapan mendekati hari pencoblosan. Kita minta termasuk juga BKO dari TNI dengan jumlah totalnya ada sekitar 80 orang BKO di Polres Lingga nantinya,” kata AKBP Boy Herlambang.

AKBP Boy Herlambang juga mengimbau untuk masing-masing pendukung paslon untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ada.

Masuki Tahapan Krusial, Bawaslu Lingga Selenggarakan Bimtek Panwaslu Kelurahan dan Desa

“Kami mengimbau terkait saat ini masa pandemik Covid-19, maka para pendukung masing-masing calon pasangan bupati dan wakil bupati Lingga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Ikuti anjuran pemerintah. Ingat, di masa pandemik ini kita sama-sama menjaga diri dan keselamatan bersama. Ikuti apa-apa yang telah diterapkan dan dilarang oleh aparat keamanan nantinya yang bertugas,” kata Kapolres Lingga ini. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *