Masyarakat "Banjiri" Festival Napau Beach, Tukik Pun Ikut Dilepas

Lingga68 Views
banner 468x60

Selingga.com (01/09) Singkep Selatan. Dibuka dengan pukulan gong oleh Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.k, M.T, Festival Napau Beach berada pada puncaknya pada Sabtu (31/08) tadi. Konsentrasi kegiatan yang dipusatkan di Pantai Napau Desa Resang, Kecamatan Singkep Pesisir Kabupaten Lingga saat itu, ramai dipadati oleh para undangan dan masyarakat yang ada.
Kepada pihak media, AKP Rangga Primaza selaku Ketua Panitia Festival Napau Beach, memberikan apresiasi kepada undangan dan masyarakat yang telah ikut mensukseskan jalannya kegiatan pada hari itu.

Panitia dari Desa Resang

“Kami selaku Ketua Panitia Festival Napau Beach di Desa Resang Kecamatan Singkep Selatan ini, mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir dan seluruh masyarakat Desa Resang serta masyarakat dari luar Desa Resang, yang sudah antusias dan meluangkan waktunya untuk hadir di acara ini”, kata Ketua Panitia Festival Napau Beach, AKP Rangga Primazada.
Pukulan gong dari Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T yang didampingi oleh Wabup Lingga, M. Nizar, Danlanal Dabo Letkol Laut (P) Arif Rahman dan Ketua Panitia AKP Rangga Primazada, menandakan dibukanya Festival Napau Beach

AKP Rangga Primazada juga mengatakan, kalau dari kegiatan yang ada, dirinya berharap bisa memberikan nilai positif untuk daerah tersebut.
Lomba melukis untuk anak-anak Sekolah Dasar

“Acara ini kita adakan bukan semata hanya untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74, tetapi juga untuk memperkenalkan bahwa di Desa Resang ini ada Pantai Napau yang sangat indah dengan bebatuannya dan tempat-tempat spot untuk foto. Selain itu kita juga berharap, kegiatan ini bisa memberikan nilai positif, khususnya untuk masyarakat Desa Resang dan Kecamatan Singkep Selatan, juga kepada Kabupaten Lingga secara umumnya”, terang Kasat Reskrim di Polres Lingga ini.
Kedepannya AKP Rangga Primazada berharap ada potensi dari desa-desa lainnya bisa diperkenalkan keluar.
Pembagian hadiah 1(satu) unit sepeda motor kepada juara I lomba sampan layar dari Desa Kote Kecamatan Singkep Pesisir

“Kalau untuk kedepannya, saya selaku Ketua Panitia pada Festival Napau Beach, mengharapkan kegiatan seperti ini dapat dilakukan oleh daerah-daerah lainnya juga. Apakah setahun sekali atau dua tahun sekali, di tempat yang berbeda sehingga dapat memperkenalkan kalau dimasing-masing desa memiliki objek-objek wisata yang sangat indah”, kata Ketua Panitia Festival Napau Beach ini.
Wabup Lingga M. Nizar didampingi Ketua Panitia AKP Rangga Primazada, Camat Singkep Selatan Sabirin dan Kabagops Polres Lingga Kompol Rusdwiantoro.

Sementara itu, Wakil Bupati Lingga M. Nizar, dalam jalannya kegiatan Festival Napau Beach saat itu, mengatakan kalau pihaknya menginginkan bagaimana promosi terkait dengan Pantai Napau tersebut di design sesuai dengan keinginan masyarakat yang ada.
“Kegiatan ini, kita menyambut positif, karena ini bagian dari promosi untuk destinasi wisata baru. Cuma, kita tidak hanya mengharapkan promosi saja, tetapi kita harus mendesign bagaimana promosi ini nantinya, dapat sesuai dengan keinginan masyarakat. Design yang dimaksudkan saya tadi seperti jalan ke sini harus kita perbaguskan lagi. Tetapi, Alhamdulillah dengan posisi anggaran kita saat ini yang sangat terbatas, tetapi kita sudah coba untuk memulainya dengan memasukan alat berat. Dulu jalan ke Kecamatan Singkep Selatan susah untuk kita lewati, Alhamdulillah saat ini sudah dapat dilewati, baik bagi kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat”, kata M. Nizar.
Pelepasan Tukik

Wakil Bupati Lingga ini juga menjelaskan kalau nantinya melalui APBD – P, ada penganggaran untuk dermaga sebesar Rp.200 juta.
“Kita juga sudah mendesign untuk persiapan di Napau ini, sebagai pusat destinasi wisata baru, di APBD – P ada penganggaran sebesar Rp.200 juta untuk dermaga biasa. Namun untuk Tahun 2020, kita sudah persiapkan anggaran yang diperkirakan sekitar Rp.4 milyar, apakah nanti sekaligus atau bertahap. Kita minta teman-teman, termasuk di kecamatan, untuk nantinya membicarakan kembali dengan Dinas Perhubungan”, terang Wabup Lingga ini.
Tidak hanya masalah anggaran, M. Nizar juga menambahkan kalau pihak Pemkab Lingga sebelumnya juga telah melakukan MoU dengan pihak Pemkab Tanjung Jabung, Provinsi Jambi terkait dengan destinasi parawisata.
IOF Lingga ikut meramaikan acara Festival Napau Beach

“Kita telah memulai kerjasama dengan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Kita sudah ada MoU nya, baik itu destinasi wisatanya termasuk dari jalur lautnya dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga dengan Tanjung Jabung Timur. Termasuk juga untuk pertanian, perikanan dan lain sebagainya. Artinya tidah hanya dari Pulau Berhala itu, terhenti hanya sampai di Tanjung Napau ini saja. Nanti juga bisa sampai ke Air Panas, Dabo, bisa sampai ke Air Terjun Batu Ampar dan lainnya”, kata M. Nizar kepada pihak media.
Sedangkan Sabirin selaku Camat Singkep Selatan, berharap kedepannya acara tersebut bisa dibuat lebih besar lagi.
Kades Resang, Hanafi (baju biru), menyerahkan hadiah

“Alhamdulillah Festival Napau Beach ini bisa terselenggara dengan baik. Insya Allah kalau ada umur panjang, kita bisa menyelenggarakan lebih meriah lagi acara ini”, kata Sabirin.
Pihak Desa Resang sendiri, dibawah pimpinan Hanafi, sebelumnya telah bersama-sama dengan pihak Kecamatan Singkep Selatan, membenahi akses menuju lokasi kegiatan yang akan dijadikan tempat kegiatan Festival Napau Beach tersebut. Selain itu, beberapa fasilitas pendukung kegiatan juga telah dipersiapkan, demi ikut mensukseskan acara tersebut.
Acara Festival Napau Beach dihadiri oleh Kapolres Lingga, Danlanal Dabo, Koramil Dabo, Perbakin Lingga, perwakilan Kejaksaan Lingga, Karang Taruna, KNPI, Pemuda Pancasila, Srikandi PP Lingga.
Jalannya kegiatan Festival Napau Beach saat itu diisi dengan perlombaan sampan layar, layang-layang, menembak sasaran, melukis anak-anak dan acara pelepasan tukik. Sebelumnya juga telah dilakukan lomba mencari remis, buat masyarakat Desa Resang. Kegiatan juga diramaikan juga dengan kehadiran komunitas mobil yang tergabung di IOF Lingga.(Im).

banner 325x300
Baca juga :   Kabupaten Lingga Dapat Jatah 1419 RTLH Untuk Tahun 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *