Money Politik Tidak Ada Sanksi Hukum

Selingga.com – Dabo ( 21/08 ).Polres Lingga dalam menghadapi tahapan Pilkada nantinya,melakukan simulasi sistem pengamanan kota dalam bentuk pengamanan.Tahapan yang meliputi tahapan kampanye, masa tenang, pendistribusian logistik kartu suara dan kotak suara, pemungutan suara di TPS, penghitungan rekap ulang di kantor PPK, penetapan hasil penghitungan suara di kantor KPUD,dan pelantikan Cabup dan Cawabup yang tepilih di kantor DPRD Kab.Lingga itu dilakukan di halaman Polres Lingga dan di hadiri oleh KPUD Lingga,Setda Lingga,Danlanal Dabo,Ketua DPRD,Ketua Gapensi,tokoh masyarakat dan undangan lainnya.
Rangkaian simulasi pengamanan Pilkada calon Bupati dan calon Wakil Bupati tahun 2015 ini, berjalan dengan teratur dari simulasi tahap kampanye sampai dengan simulasi tahapan pelantikan para Cabup dan Cawabup. Kapolres Lingga AKBP Surisman,SIK,MH dihadapan awak media mengatakan kalau dengan adanya Cabup dan Cawabup Lingga yang lebih dari 2 pasang, dari segi pengamanan Polres Lingga di untungkan.
” Kalau melihat Pilkada lingga dengan pengalaman pilkada yang lalu, Lingga masih dikategorikan aman. Apalagi dengan jumlah balon yang ada 4 pasang. Jadi intensitas persaingannya agak kurang.Tapi kalau hanya ada 2 balon,agak berat.Cuma,kita tetaplah waspada.Dan kita tetap akan mengantisipasi adanya kemungkinan buruk.Kalau pun ada titik rawannya,diperkirakan pada masa pemungutan suara dan penghitungan suara dan juga pada masa tenang.”Kata Kapolres Lingga di ruang kerjanya.
Terkait money politik yang memungkinkan terjadi pada pesta demokrasi di berbagai daerah,dari pilcaleg sampai kepada pemilihan Kepala Daerah, AKBP Surisman,SIK,MH mengatakan kalau hal tersebut tidak ada ancaman hukumannya.
” Masalahnya kalau kita kembali kepada UU Pilkada, money politik tidak ada ancamannya, tidak ada sanksi hukumnya. Kita akan larikan nantinya kepada Pidana Umum. Dan akan kita lihat nantinya masuk ke mana. Apakah masuk ke UU Pilkada atau Umum.Karena disitu ada Gagkumdu,Panwaslu,Polisi,dan Kejaksaan. Jadi kalau tidak ada UU yang di atur di Pilkada,kita akan larikan ke Umum.”Papar Kapolres Lingga ini menegaskan kembali. (Im)

Read Previous

Perangkat Desa Sungai Harapan Menyetop Kegiatan Pengedokan Tongkang Hang III yang Tanpa Izin

Read Next

Spontanitas "Kopi Sore" Di Panti Jompo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *