Pangkalan SMP Negeri 2 Singkep Gelar Penilaian Pramuka Garuda

Lingga109 Views
banner 468x60

Selingga.com (15/02) Dabo. Gugus Depan Lingga 01-031 dan 01-032 Pangkalan SMP Negeri 2 Singkep menggelar penilaian Pramuka Garuda Tingkat Penggalang tahun 2022. Pelaksanaan Penilaian Pramuka Garuda Tingkat Penggalang di Pangkalan SMP Negeri 2 Singkep ini merupakan bentuk komitmen Pengurus Gugus Depan kepada adik-adik Penggalang yang telah mencapai jenjang dari tingkat Pramuka Ramu, Rakit, hingga Terap agar bisa mencapai tingkat pramuka tertinggi di golongan tersebut.

Penilaian Pramuka Garuda Penggalang ini digelar pada Selasa (15/02) tadi di halaman SMP Negeri 2 Singkep, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, dilaksanakan dengan menghadirkan para penilai sesuai dengan Surat Keputusan Kwartir Cabang Lingga yang di dalamnya melibatkan unsur Gugus Depan, Kwartir Ranting, tokoh masyarakat, dan orang tua siswa. Adapun yang menjadi indikator penilaiannya, yaitu tentang penguasaan SKU dan SKK, penguasaan penggunaan IT, kemampuan berbahasa asing, dan terampil dalam menghasilkan produk hasta karya.

Pangkalan SMP Negeri 2 Singkep Gelar Penilaian Pramuka Garuda

Waka Kesiswaan SMP Negeri 2 Singkep, Joni Suryadi, S.Pd. di sela-sela kegiatan saat itu mengatakan kalau Pramuka Garuda merupakan penghargaan tertinggi bagi adik-adik dari semua golongan.

“Kami dari Pangkalan SMP Negeri 2 Singkep 01-031 dan 01-032 di bawah Kwartir Singkep hari ini melaksanakan pengujian untuk Pramuka Garuda. Adik-adik yang sudah kita anggap layak, mengikuti peningkatan menjadi Pramuka Garuda. Seperti kita ketahui bahwa Pramuka Garuda merupakan penghargaan tertinggi buat adik-adik yang berada dalam setiap golongan. Kebetulan SMP Negeri 2 Singkep ini adalah golongan Penggalang. Jadi, bagi adik-adik yang sudah menjadi Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, dan Penggalang Terap, kita usulkan untuk menjadi Pramuka Garuda,” papar Joni Suryadi.

Joni Suryadi juga mengatakan kalau ada beberapa syarat untuk menjadi Pramuka Garuda. Salah satunya adalah memiliki tingkah laku yang baik.

Baca juga :   Komunitas Sastra Dilaut dan Kecamatan Singkep Selatan Luncurkan Buku Antologi Puisi "Napau" Pelajar se-Kabupaten Lingga

“Seperti kita ketahui bahwa untuk menjadi seorang Pramuka Garuda ada 3 syarat yang harus dipenuhi oleh adik-adik. Syarat yang pertama adalah adik-adik memiliki tingkah laku yang baik, baik di lingkungan sekolah, lingkungan rumah maupun di lingkungan masyarakat. Kemudian setelah syarat tersebut sudah terpenuhi, adik-adik ini akan mengikuti dan mengisi SKU. Persyaratan untuk mengisi SKU harus sudah mencapai Pramuka Penggalang Terap. Kemudian syarat yang ketiganya adalah adik-adik ini harus memiliki TKK, minimalnya harus menguasai 10 TKK,” terang Joni Suryadi.

Selain itu, Joni Suryadi mengatakan kalau seorang Pramuka Garuda nantinya akan memiliki pribadi yang mantap.

“Nantinya setelah adik-adik ini menjadi Pramuka Garuda yang intinya mereka ini siap. Mereka akan menjadi pribadi yang mantap. Makanya Pramuka Garuda adalah pilihan orang-orang yang merupakan penghargaan tertinggi dalam satu golongan Pramuka,” kata Joni Suryadi.

Pangkalan SMP Negeri 2 Singkep Gelar Penilaian Pramuka Garuda

Joni Suryadi menambahkan kalau kegiatan tersebut juga sebagai persiapan untuk lomba di tingkat III pada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lingga.

“Mudah-mudahan ini adalah kali kedua SMP Negeri 2 Singkep melaksanakan seleksi Pramuka Garuda yang nantinya juga akan kami persiapkan untuk pelaksanaan lomba tingkat III di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lingga,” kata Joni Suryadi. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *