Pelaksanaan Pelayanan Eazy Passport di SMA Negeri Senayang

Lingga46 Views
banner 468x60

Selingga.com (18/10) Dabo. Kantor Imigasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep telah melaksanakan pelayanan eazy passport di SMA Negeri Senayang Kecamatan Katang Bidare. (17/10/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Seksi Dokumen dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep. Pelayanan eazy passport di SMA Negeri 2 Senayang dipimpin Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Nayaka Duta Harahap, S.H yang didampingi Kepala Seksi Dokumen dan Izin Tinggal Keimigrasian, Reza Fatahillah beserta staff Seksi Dokumen dan Izin Tinggal Keimigrasian kemudian turut serta menghadiri Kepala Desa Benan, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Senayang dan Kepala Polisi Pos Senayang.

Pelaksanaan pelayanan eazy passport tersebut merupakan tindaklanjut permohonan layanan yang diajukan oleh perwakilan dari SMA Negeri 2 Senayang kepada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep untuk dilaksanakannya layanan paspor di tempat.

“Ya, pelayanan eazy passport yang merupakan layanan paspor jemput bola yaitu pelayanan paspor yang dilakukan dilokasi tempat pemohon berada atau ditentukan. Kegiatan yang kami laksanakan saat ini tindaklanjut permohonan dari SMA Negeri 2 Senayang yang berjumlah 13 Orang sebelumnya ke Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep dan langsung kami laksanakan hari ini”. Kata Nayaka Duta Harahap.

Pelaksanaan Pelayanan Eazy Passport di SMA Negeri Senayang Kecamatan Katang Bidare. (Foto : istimewa)

Bertempat di Ruang kelas SMA Negeri 2 Senayang tersebut, pemohon yang dilayani berjumlah 13 orang terdiri dari pengajuan paspor baru sebanyak 11 orang dan 2 orang pengajuan paspor penggantian biasa yang selanjutnya dilakukan pengambilan biometrik.

“Hari ini sebanyak 13 orang yang mengajukan permohonan paspor baru dan permohonan paspor penggantian yang nantinya akan dilakukan pengambilan biometrik yaitu photo dan sidik jari pemohon. Hasil data biometrik yang diambil tadi akan ditransfer kembali datanya ke server Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian di Kantor Imigrasi.” Jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep.

Baca juga :   SMKN 1 Singkep & SMAN 2 Singkep,Sekolah Pertama Di Kabupaten Lingga Gunakan UNBK

Salah satu pemohonan mengatakan bahwa pelayanan eazy passport dari imigrasi yang dilaksanalan sangat membantu masyarakat di Desa Benan dan Desa Senayang Kecamatan Katang Bidare yang berada jauh dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep karena terpisah beda pulau. Harapannya kegiatan ini dapat tetap terlaksana terutama di daerah kepulauan seperti Wilayah Kecamatan Ketang Bidare.

“Program pelayanan eazy passport yang dilaksanakan dari Kantor Imigrasi ini sangat membantu masyarakat yang tinggal jauh dari Kantor Imigrasi Dabo Singkep yang notabenenya berada jauh terpisah pulau dan mengeluarkan biaya yang lebih besar dibandingkan harga penerbitan paspor itu sendiri. Harapannya kegiatan ini dapat tetap terlaksana setelah ini agak pelayanan imigrasi dapat dirasakan oleh masyarakat.” testimoni pemohon layanan eazy passport.

Ketua pelaksana yang merupakan Kasi Dokumen dan Izin Tinggal Keimigrasian, Reza Fatahillah mengatakan program pelayanan eazy passport dari Direktorat Jenderal Imigrasi ini dimulai sejak akhir tahun 2019 dan kali ketiga dilaksanakan yang sebelumnya telah dilakukan di Dabo dan Hotel Lingga Pesona. Hingga saat ini belum ada arahan program pelayanan eazy passport berakhir dan akan tetap dilaksanakan jika ada permohonan pelayanan eazy passport.

“Ya, Program pelayanan eazy passport dari Direktorat Jenderal Imigrasi ini diperkenalkan akhir tahun 2019 dan pelaksanaan di SMA Negeri 2 Senayang ini sudah kali ketiga terlaksana. Hingga sekarang belum ada arahan sampai kapan berakhir dan selama belum berakhir, pelayanan akan tetap kami laksanakan jika terdapat permohonan yang diajukan ke Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep.” Pungkas Reza Fatahillah melengkapi penjelasan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep. (Red/rilis)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *