Pemadaman Api di Lapas Dabo (Simulasi)

Lingga123 Views
banner 468x60

Selingga.com (21/09) Dabo. Dengan menggandeng pihak Damkar dan Satpol PP Kabupaten Lingga, Lapas Kelas III Dabo Singkep menggelar kegiatan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran pada Senin (20/09) tadi di lingkungan Lapas Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Kepala Lapas Kelas III Dabo Singkep, Dewanto, A.Md., I.P., S.Sos., usai kegiatan mengatakan kalau dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Pemadaman Kebakaran tersebut adalah untuk memberikan pemahaman terkait deteksi dini akan peristiwa kebakaran.

“Tujuan dari dilaksanakannya Pelatihan Pemadaman Kebakaran ini dengan menggandeng pihak Damkar Kabupaten Lingga adalah untuk memberikan pemahaman tentang deteksi dini terhadap situasi yang terjadi apabila kita mengalami peristiwa kebakaran, terutama di dalam Lapas,” kata Dewanto.

Dewanto menambahkan kalau petugas Lapas harus memahami teknis yang ada untuk mengatasi kalau adanya musibah kebakaran nantinya.

Kepala Lapas Kelas III Dabo Singkep, Dewanto, A.Md., I.P., S.Sos.

“Jadi, petugas harus punya wawasan dan pengetahuan teknis yang diberikan oleh petugas Damkar dalam mengatasi kebakaran secara cepat di dalam Lapas,” jelas Dewanto.

Hal tersebut mengingat keberadaan Lapas yang merupakan area tertutup. Namun pihak Lapas juga tetap bekerja sama dengan pihak Damkar apabila kebakaran yang ada sudah berskala besar.

Pemadaman Api di Lapas Dabo (Simulasi)

“Karena di dalam Lapas ini merupakan area tertutup dan terisolir, kemudian juga ada dapur, instalasi listrik yang harus kita perhatikan, jadi apabila terjadi sesuatu, baik petugas maupun warga binaan dapat mengatasi dalam tahap awal.Tetapi dalam hal ini kalau sudah skalanya membesar, kita harus bekerja sama dengan pihak Damkar,” kata Dewanto.

Selain itu, Kalapas Kelas III Dabo Singkep ini menambahkan kalau kegiatan tersebut juga terkait dengan adanya peristiwa kebakaran akhir-akhir ini di Lapas Kelas I Tangerang.

“Dalam hal ini juga merupakan instruksi Direktur Jenderal Kemasyarakatan terkait dengan peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, diperintahkan kepada seluruh Kantor Wilayah dan Kepala Unit di Lembaga Permasyarakatan maupun Rutan diadakan pelatihan dengan pihak Damkar,” jelas Dewanto.

Baca juga :   Pecahan 1000 Dollar Singapura Hebohkan Warga Desa Sedamai
Pemadaman Api di Lapas Dabo (Simulasi)

Dengan adanya pelatihan secara singkat tersebut, Dewanto mengatakan kalau setidaknya pihak mereka mampu untuk mengatasi keadaan darurat di Lapas Kelas III Dabo Singkep itu.

“Jadi kita menggandeng pihak Damkar Kabupaten Lingga untuk bekerja sama memberikan pelatihan secara singkat. Paling tidak ada hal-hal yang bisa kita dapatkan secara teknis dan bisa kita pelajari untuk diterapkan ketika situasi-situasi darurat,” kata Dewanto.

Dalam jalannya kegiatan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran saat itu pihak Damkar Lingga yang diwakili oleh Kabid Pemadam Kebakaran, Kadri menyertakan sebanyak 8 orang anggotanya. Kegiatan diawali dengan apel bersama dan dilanjutkan dengan pengarahan dari pihak Lapas Dabo dan Damkar Kabupaten Lingga. Kegiatan selanjutnya segera dilaksanakan simulasi cara memadamkan api atau kebakaran saat dalam keadaan darurat yang diikuti oleh seluruh Pegawai Lapas Kelas III Dabo Singkep. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *