Pengcab Inkai Lingga Gelar Ujian Kenaikan Sabuk

Lingga285 Views
banner 468x60

Selingga.com (26/02) Dabo. Pengcab Inkai Kabupaten Lingga menggelar ujian kenaikan sabuk. Kegiatan tersebut digelar pada Minggu (26/02) tadi di Sanggar Praja, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Ujian kenaikan sabuk di Perguruan Inkai memang sudah diprogramkan satu tahunnya 2 kali, yaitu per semester. Tiap semesternya diadakan ujian kenaikan sabuk sekaligus evaluasi terhadap para kohai yang bernaung di bawah Perguruan Inkai ini.

Sebetulnya kegiatan ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada Desember 2022 lalu yang merupakan ujian semester 2 tahun 2022. Namun dikarenakan sesuatu dan lain hal, pelaksanaannya baru dapat dilaksanakan saat ini. Artan Nurhajid Jufri selaku salah satu penguji saat itu mengatakan kalau kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengembangkan potensi yang ada dari para anggota di Perguruan Inkai tersebut.

Pengcab Inkai Lingga Gelar Ujian Kenaikan Sabuk

“Pada hari ini kami melaksanakan ujian kenaikan sabuk dan penurunan kyu. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan bakat dan potensi yang ada pada tingkat pelajar dalam mencapai prestasi di tingkat provinsi dan nasional nantinya. Harapan kami ke depannya, anak-anak kita ini akan selalu giat berlatih dan semakin berminat terhadap karateka serta mengejar prestasi nantinya,” kata Artan.

Artan Nurhajid Jupri

Artan menambahkan kalau materi yang telah diberikan sebelumnya akan diulang untuk menentukan hasil bagi kenaikan kyu nantinya.

“Dalam teknis pelaksanaan ujian adalah melaksanakan latihan rutin selama 5-6 bulan. Dalam pengujian tersebut semua materi yang dilatihkan kemudian diulang untuk mencari hasil dalam keputusan kenaikan kyu atau penurunan kyu,” kata Artan.

Pengcab Inkai Lingga Gelar Ujian Kenaikan Sabuk

Artan Nurhajid Jufri berharap ke depannya minat akan olahraga karate ini bisa terus berkembang di Kabupaten Lingga.

“Harapan kami ke depan untuk putra-putri generasi maju bangsa agar mengembangkan minat belajar karate serta dapat menjadi pilihan pada tingkat olahraga,” kata Artan.

Baca juga :   Undangan Untuk Awe
Pengcab Inkai Lingga Gelar Ujian Kenaikan Sabuk

Sementara itu yang menjadi penilaian dalam pelaksanaan ujian kenaikan sabuk ini adalah kihon yang merupakan gerakan dasar. Kemudian penilaian “kata” atau jurus serta komite atau pertandingan bela dirinya. Untuk jumlah keseluruhan yang ikut ujian kenaikan sabuk ini sebanyak 52 orang yang terdiri dari sabuk putih dan sabuk kuning. Untuk sabuk putih naik ke sabuk kuning dan sabuk kuning naik ke sabuk hijau. Namun ada juga yang naik dari sabuk biru ke sabuk coklat saat itu. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *