Peringati HPSN, Kecamatan Singkep dan Kelurahan Dabo Gelar Goro

Lingga322 Views
banner 468x60

Selingga.com (22/02) Dabo. Kelurahan Dabo bersama Kecamatan Singkep peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 2024 ini dengan menggelar kegiatan goro pada Kamis (22/02) tadi di wilayah Sekop Laut, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. Dalam jalannya kegiatan saat itu diikuti juga oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD Lingga, Satpol PP Lingga, Damkar, RT/RW, dan masyarakat yang berada di sekitar lokasi goro. Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) sendiri diperingati pada 21 Februari setiap tahunnya.

Lurah Dabo, Mardi Sastra pada kesempatan yang ada, mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan kami juga mengharapkan kesadaran dari masyarakat terkait masalah sampah ini,” kata Mardi Sastra kepada pihak media saat itu.

Mardi Sastra juga mengingatkan kalau sebelumnya pemerintah daerah juga telah menyediakan tempat sampah di beberapa titik di Dabo Singkep.

Peringati HPSN, Kecamatan Singkep dan Kelurahan Dabo Gelar Goro. (foto : puspandito)

“Pemerintah sudah memberikan perhatian kepada masyarakat dengan menyediakan tong sampah serta membuat tempat untuk membuang sampah di titik lokasi yang sudah ditentukan,” kata Mardi Satra.

Mardi Sastra menambahkan kalau sampah di lokasi pantai tersebut adalah sampah yang berasal dari masyarakat sendiri dan juga sampah yang dibawa oleh gelombang air pasang. Untuk itu juga kesadaran masyarakat sangat diperlukan terkait dengan kebersihan lingkungan ini.

“Kesadaran masyarakat sangat diperlukan. Karena jika tidak timbul kesadaran dari masyarakat,¬†agak sulit untuk melaksanakan tujuan bersama ini. Apalagi sempena Hari Peduli Sampah Nasional ini, seharusnya menjadi titik tolak kita untuk lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Mardi Sastra.

Sementara itu Sekcam Singkep, Keizzy Delfi mengatakan kalau kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan.

Baca juga :   Panggak Darat menggeliat melalui Pokdarwis nya

“Mari kita jaga kebersihan lingkungan kita. Buanglah sampah pada tempatnya dan jangan membuang sampah sembarangan. Sumber kesehatan kita tergantung pada bagaimana kita merawat lingkungan kita,” kata Keizzy Delfi.

Sedangkan Ketua RW 004 Kelurahan Dabo, Herman Effendy memberikan dukungannya terkait kegiatan saat itu dan berharap lokasi pantai di daerahnya bisa selalu bersih.

“Harapan kami melalui goro yang dilaksanakan ini, pantai ini menjadi bersih, sehat, dan rindang,” kata Herman Effendy. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *