Perjusami di Pangkalan SMA Negeri 2 Singkep

Lingga157 Views
banner 468x60

Selingga.com (04/10) Dabo. SMA Negeri 2 Singkep, Kabupaten Lingga melaksanakan kegiatan Pramuka Blok dengan menggelar Perjusami atau Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu. Kegiatan dilaksanakan di lingkungan SMA Negeri 2 Singkep tersebut berlangsung selama 3 hari. Riza Andriani, S. Pd. selaku pembina Pramuka di pangkalan SMA Negeri 2 Singkep saat ditemui di sela-sela kegiatan pada Sabtu (02/10) malam tadi mengatakan kalau kegiatan tersebut diikuti sebanyak 122 siswa. Kegiatan Pramuka Blok sendiri merupakan pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru. Selain itu kegiatan Pramuka Blok juga harus diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X.

“Gugus depan 01-037 dan 01-038, pangkalan SMA Negeri 2 Singkep mengadakan Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu dalam rangka Pramuka Blok yang diadakan pada 1-3 Oktober 2021. Peserta yang ikut pada kegiatan ini adalah seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 55 orang peserta didik laki-laki dan 67 orang peserta didik perempuan dengan total 122 orang,” kata Riza Andriani.

Riza Andriani mengatakan kalau tujuan digelarnya kegiatan Pramuka Blok tersebut agar para siswa yang ada memiliki karakter yang Pancasilais.

Pembina Pramuka di pangkalan SMA Negeri 2 Singkep, Riza Andriani, S. Pd

“Tujuan diadakan kegiatan ini adalah agar siswa-siswi SMA Negeri 2 Singkep mempunyai karakter Pancasilais, khususnya mempunyai karakter nilai-nilai Dasa Darma dan Tri Satya dalam kepramukaan,” kata Riza Andriani.

Kegiatan yang diadakan selama tiga hari ini, selain kegiatan yang menuntut kemahiran, ketangkasan, serta keterampilan peserta, juga ada penyampaian beberapa materi, yaitu pada hari pertama, adanya penyampaian materi Kurikulum Pramuka SMA (SKU) yang disampaikan oleh kak Sudiharti, sedangkan materi TKK dan Pramuka Garuda disampaikan oleh Pelatih Kwarcab.

Perjusami Dipangkalan SMA Negeri 2 Singkep

Lalu pada hari kedua, yaitu materi Keterampilan Pramuka yang disampaikan oleh kak Zoni Heliza, materi Dasa Darma dan Tri Satya disampaikan oleh kak Syafitriandy, dan kegiatan PBB yang dipandu oleh Lanal Singkep. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan api unggun, atraksi yel-yel, dan pentas seni yang menampilkan kreativitas dari peserta yang ada. Kegiatan hari terakhir, yaitu hiking dan aral rintang yang diikuti oleh 10 sangga, yang terdiri atas 5 sangga putra dan 5 sangga putri, lalu kegiatan ditutup dengan pelantikan peserta kegiatan dari calon penegak ke penegak sekaligus upacara penutupan.

Baca juga :   Polres Lingga dan Pemkab Lingga Tandatangani MoU Terkait Penerimaan Anggota Polri
Perjusami Dipangkalan SMA Negeri 2 Singkep

Adapun manfaat dari kegiatan Pramuka Blok ini adalah kemandirian, gotong-royong kebersamaan, meningkatkan kepedulian, kedisiplinan, belajar mencintai alam, belajar organisasi, dan bekerja sama, serta melatih kepemimpinan dan kreativitas. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *