Lomba Video Kreatif Gurindam 12 untuk Pelajar se-Kabupaten Lingga dengan Hadiah Jutaan Rupiah

Lingga135 Views
banner 468x60

Selingga.com (24/08) Dabo. Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji untuk kalangan pelajar setingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Lingga telah mulai digelar. Lomba yang diadakan oleh Komunitas Sastra Dilaut (KSD), Dabo Singkep, Kabupaten Lingga bersama RD. Paschal ini juga menyiapkan hadiah untuk 3 video terbaik. Masing-masing peserta dengan video terbaik akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp1.000.000,00 ditambah buku “Aneka Relasi Manusia Menurut Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji” karya RD. Paschal, dan sertifikat. Salah satu persiapan dari pelajar yang akan mengikuti Lomba Video Kreatif ini terlihat di SMA Negeri 2 Singkep. Beberapa pelajar terlihat sedang menggelar latihan terkait dengan keikutsertaan mereka pada Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji nantinya. Feby Sarianty, S. Sos. selaku Pembina Ekstrakurikuler Kesenian SMA Negeri 2 Singkep, saat ditemui di sela-sela latihan hari selasa 24-08-2021, mengatakan kalau pihaknya berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut bisa menggali potensi yang ada pada anak-anak didik mereka.

“Kami dari SMA Negeri 2 Singkep dan saya selaku pembina, ikut serta dalam Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji ini berharap dengan kegiatan seperti ini kami bisa menggali kreativitas anak untuk lebih mencintai dan melestarikan budaya daerah, yaitu Gurindam 12. Selain itu kita bisa melihat bakat-bakat, terutama bakat mereka terkait dengan tradisi Melayu. Seperti mereka membacakan gurindam dengan sangat baik,” kata Feby Sarianty.

Pembina Ekstrakurikuler Kesenian SMA Negeri 2 Singkep, Feby Sarianty, S. Sos

Sementara itu, Ketua Komunitas Sastra Dilaut, Ayoe SW mengatakan kalau digelarnya Lomba Video Kreatif tersebut berawal dari terbitnya sebuah buku yang ditulis oleh RD. Paschal dengan mengambil sosok pujangga Melayu, Raja Ali Haji sebagai tokoh di dalamnya.

Baca juga :   Dua Belas PNS Lingga Terkapar Digerbong Pemecatan

“Digelarnya Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji ini bermula dari terbitnya sebuah buku karya RD. Paschal yang berjudul “Aneka Relasi Manusia Menurut Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji”. Raja Ali Haji ini sendiri merupakan pujangga yang terkenal dengan Gurindam 12 miliknya yang terbit pada tahun 1846 silam,” kata Ayoe SW.

Ketua Komunitas Sastra Dilaut, Ayoe SW

Selain itu, Ayoe SW berharap dengan digelarnya Lomba Video Kreatif tersebut bisa menjadi penyemangat bagi kalangan pelajar untuk lebih mengenal lagi sosok Raja Ali Haji.

“Dengan digelarnya lomba ini, kami Komunitas Sastra Dilaut dan bekerja sama dengan RD. Paschal berharap ini bisa menjadi pemantik semangat pelajar, khususnya pelajar di Kabupaten Lingga sehingga mereka tahu dan mencari tahu sosok Raja Ali Haji ini dengan karyanya Gurindam 12 tadi,” kata Ayoe SW.

Syarat dari Lomba Video Kreatif ini antara lain adalah:

1. Peserta merupakan pelajar di Kabupaten Lingga (SMP atau SMA sederajat).
2. Peserta lomba boleh individu atau tim.
3. Durasi video maksimal 7 menit dengan format MP4. Minimal 1 pasal dari Gurindam 12 Raja Ali Haji.
4. Bentuk video berupa musikalisasi dengan orientasi landscape(horizontal) dan menggunakan kamera hp jenis apa pun.
5. Video boleh menggunakan alat musik atau musik pendukung dengan catatan tidak mengandung materi yang dilindungi hak cipta pihak lain.
6. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia atau bahasa Melayu.
7. Video tidak mengandung unsur sara, kekerasan, atau pornografi.
8. Video merupakan karya asli peserta lomba, bukan plagiat.
9. Video yang dikirimkan menjadi milik panitia dan dapat secara bebas digunakan dalam kegiatan Komunitas Sastra Dilaut.

Lomba Video Kreatif Gurindam 12 untuk Pelajar se-Kabupaten Lingga dengan Hadiah Jutaan Rupiah

Sementara itu untuk Teknis Lomba adalah:

Baca juga :   Dinas Sosial Kabupaten Lingga Melalui PT. POS Dabo Singkep Salurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Dabo

1. Peserta lomba mengunggah video ke google drive dengan memberi akses/izin ke siapa pun yang membuka link. Dalam hal ini memudahkan panitia untuk mengaksesnya.
2. Pengiriman video diterima mulai 10 s.d. 30 Agustus 2021, pukul 23:59 WIB ke google form https://bit.ly/LombaVideoKreatifRAH
3. Pengumuman video terbaik pada Selasa, 7 September 2021.
4. Video terbaik akan diunggah di youtube panitia.
5. Hasil penjurian dan sejumlah informasi lomba akan disampaikan ke grup WA peserta dan media sosial panitia (Komunitas Sastra Dilaut).
6. Informasi lain-lain akan disampaikan kemudian.

Tim Penilai dari Lomba Video Kreatif Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji ini terdiri dari RD. Paschal, Alang Dilaut, Syaufi Anwar, T. Fadlan, dan Ayoe SW. Sementara itu kriteria penilaian terdiri dari kreativitas, kualitas, dan audio. Seluruh keputusan juri dan panitia dalam lomba ini adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat serta tidak diadakan surat-menyurat dan kontak lainnya.

Lomba Video Kreatif Gurindam 12 untuk Pelajar se-Kabupaten Lingga dengan Hadiah Jutaan Rupiah

Sementara itu dari pihak penyelenggara lomba menyedia hadiah bagi 3 video terbaik yang terdiri dari:

1. Rp1.000.000,00 + Buku “Aneka Relasi Manusia Menurut Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji” + sertifikat
2. Rp1.000.000,00 + Buku “Aneka Relasi Manusia Menurut Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji” + sertifikat
3. Rp1.000.000,00 + Buku “Aneka Relasi Manusia Menurut Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji” + sertifikat. Seluruh peserta juga akan mendapatkan e-sertifikat. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *