Persiapan Menuju "Tamadun" Dan "Suara Pesisir Selatan"

Lingga59 Views
banner 468x60

Selingga.com (07/09) Dabo. Sembilan belas pelajar dari SMA Negeri 2 Singkep dan SMK Mahardhika Singkep menjalani latihan dasar teater di bawah asuhan Dewan Kesenian Kabupaten Lingga melalui Komite Sastranya, Norman Sulaiman, pada Kamis (05/09) tadi di Dabo. Turut juga hadir guru pendamping dari SMA N 2 Singkep, Ayoe Sri Wahyuni dan guru pendamping dari SMK Mahardhika Singkep, Iwan dalam latihan di sore itu.
Siswa-siswi dari dua sekolah setingkat SLTA ini, diminta oleh Komite Sastra Dewan Kesenian Kabupaten Lingga itu, terkait dengan persiapan pelaksanaan menyambut Perhelatan Tamadun Melayu II yang direncanakan akan digelar pada bulan November 2019 nantinya.

Komite Sastra Dewan Kesenian Kabupaten Lingga,Norman Sulaiman

“Insya Allah kita akan persiapkan anak-anak kita untuk acara Tamadun nantinya. Namun, sebelum acara Tamadun, anak-anak kita ini juga akan mengisi acara “Suara Pesisir Selatan” dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2019 nanti di Taman Dabo,” kata Norman.
Kepada para pelajar yang mengikuti jalannya latihan saat itu, Norman yang di dampingi oleh Sopie, selaku ketua kegiatan di “Suara Pesisir Selatan”, mengatakan, kalau pihaknya mencoba membangkitkan kembali teater di Dabo ini.
Persiapan Menuju “Tamadun” Dan “Suara Pesisir Selatan”

“Kalian adalah generasi yang ke sekian, setelah lama teater itu terhenti, mungkin ini akan bangkit lagi. Di Dabo akan bangkit lagi. Langkah awalnya, kita akan melakukan pementasan untuk 26 Oktober 2019 nanti di Taman Dabo. Nanti kalian tidak berdiri di atas pentas, tetapi bergabung dengan penonton. Kalian akan belajar menyanyikan lagu, belajar mengiringi. Kita coba dengan latihan dasar dulu, latihan vokal, dan pernapasan. Itu untuk acara memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kami yang “tetua” ini, mencoba untuk membangkitkan pemuda yang ada,” kata Norman.
Persiapan Menuju “Tamadun” Dan “Suara Pesisir Selatan”

Komite Sastra di Dewan Kesenian Lingga ini juga menambahkan kalau setelah berjalan latihan beberapa hari ke depannya, warna suara dari pelajar yang ada akan berubah.
Persiapan Menuju “Tamadun” Dan “Suara Pesisir Selatan”

“Insya Allah, tiga hari setelah latihan nantinya, warna suara akan berubah,” kata Norman. (Im).

banner 325x300
Baca juga :   Dua belas puisi dalam Suara Pemuda Satu diterbitkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *