Polres Lingga Gelar Rikmin Awal Penerimaan Anggota Polri

Lingga403 Views
banner 468x60

Selingga.com (18/04) Dabo. Kapolres Lingga, AKBP Robby Topan Manusiwa membuka secara resmi jalannya Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) awal seleksi penerimaan anggota Polri untuk 2024 ini. Kegiatan Rikmin tersebut dilaksanakan pada Kamis (18/04) tadi di Gedung Endra Dharma Laksana, Mapolres Lingga. Kabag SDM Polres Lingga, AKP Suko Wibowo usai pelaksanaan Rikmin awal hari itu mengatakan kalau dalam menggelar Pemeriksaan Administrasi tersebut, pihaknya juga melibatkan beberapa instansi dan juga pengawas eksternal.

“Ya, hari ini kita Bag SDM Polres Lingga ada melaksanakan Rikmin penerimaan calon Taruna Akpol. Jadi hari ini kita ada melaksanakan pemeriksaan yang juga diikuti dari beberapa instansi lainnya, seperti Dinas Pendidikan Lingga, Dinas Disduk Capil Lingga, dan Disperindag Lingga. Selain itu, kita juga mengundang pengawas eksternal untuk menyaksikan langsung jalannya kegiatan Rikmin ini,” kata AKP Suko Wibowo.

Polres Lingga Gelar Rikmin Awal Penerimaan Anggota Polri

AKP Suko Wibowo mengatakan kalau untuk pendaftaran Taruna Akpol tahun ini diikuti sebanyak 2 orang.

“Semenjak dilaksanakan pembukaan dari 24 Maret 2024 sampai hari ini, untuk yang mendaftar sebagai Taruna Akpol ada 4 orang dari Kabupaten Lingga. Kemudian sampai hari ini kita sudah melaksanakan verifikasi sebanyak 2 orang. Sebelumnya untuk 2 orang lagi setelah kita melaksanakan pengecekan, tidak memenuhi syarat,” kata AKP Suko Wibowo.

Selain itu, AKP Suko Wibowo menambahkan kalau Polres Lingga sebelumnya juga menggelar bimbingan dan latihan terkait dengan penerimaan anggota Polri tahun ini.

“Terkait dengan penerimaan ini, kami dari Polres Lingga sebelumnya juga ada membuat terobosan kreatif. Kami ada melaksanakan bimbingan dan latihan. Kami merekrut putra-putri terbaik dari Kabupaten Lingga untuk ikut melaksanakan bimbingan agar bisa bergabung menjadi anggota Polri,” kata AKP Suko Wibowo.

Selain itu, untuk memudahkan verifikasi bagi yang mendaftar, Polres Lingga juga menggelar verifikasi di daerahnya masing-masing. Sampai saat ini yang telah mendaftar Bintara sebanyak 67 casis dan sudah dalam proses verifikasi.

Baca juga :   Aksi Loncat-Loncatan 3 PNS Dari SMP Satap Singkep Selatan

“Kemudian kita juga tahu geografis daerah kita yang terdiri dari pulau-pulau, kami dari Polres Lingga siap melaksanakan verifikasi terhadap putra-putri yang ikut melaksanakan pendaftaran. Di mana yang dari Senayang, dari Daik, kita akan laksanakan verifikasi di daerahnya masing-masing,” kata AKP Suko Wibowo.

Sementara itu, Kapolres Lingga, AKBP Robby Topan Manusiwa menegaskan kalau dalam penerimaan anggota Polri tersebut bersih dari adanya praktik pungli.

Polres Lingga Gelar Rikmin Awal Penerimaan Anggota Polri

“Dalam penerimaan, kami menindak jika ada pungli karena penerimaan ini menganut prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis). Harapan kami casis yang sudah terdaftar, dapat lolos semua menjadi anggota Polri,” kata AKBP Robby Topan Manusiwa.

Dalam jalannya kegiatan hari itu, Kapolres Lingga ini juga menyempatkan diri memberikan motivasi kepada calon siswa agar lebih percaya diri dengan kemampuan yang ada dan selalu berdoa. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *