Puslatpurmar 9 Dabo Singkep Gelar “Lomba Sambal Bilis”

Lingga275 Views
banner 468x60

Selingga.com (31/03) Dabo. Lomba sambal bilis dengan melibatkan prajurit serta keluarga besar Marinir Todak yang digelar di kawasan wisata Pantai Batu Berdaun pada Kamis sore, 31 Maret 2022 dilaksanakan dalam rangka sebagai rangkaian kegiatan menjelang peringatan HUT ke-1 Puslatpurmar 9 Dabo Singkep. Kabupaten Lingga sendiri yang terkenal dengan “Indonesia Kecil” merupakan daerah kepulauan dengan masyarakat majemuk yang mayoritas bersuku Melayu.

Sebagai daerah kepulauan, perikanan merupakan potensi besar yang selama ini ikut membantu pemerintah setempat dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jenis ikan yang cukup banyak dan terkenal karena kualitas unggulannya di daerah ini adalah “Ikan Bilis” yang selanjutnya bisa diolah menjadi bahan makanan yang selama ini dikenal dengan nama ikan teri.

Puslatpurmar 9 Dabo Singkep Gelar “Lomba Sambal Bilis”. (Foto : istimewa)

Komandan Puslatpurmar 9 Dabo Singkep, Mayor Mar Adid Kurniawan, M.Tr.Opsla mengatakan lomba tersebut juga untuk mendorong kreativitas dari kalangan prajurit Marinir itu.

“Pelatih Marinir terpanggil untuk meningkatkan potensi ini dengan memperkenalkan masakan olahan ikan bilis melalui kegiatan lomba “Sambal Bilis” dengan harapan dapat mendorong kreativitas prajurit dan keluarga serta masyarakat sekitar untuk mengolah ikan bilis dan memperkenalkannya secara luas, sehingga berpotensi ekonomi untuk kesejahteraan,” kata Mayor Mar Adid Kurniawan.

Mayor Mar Adid Kurniawan juga mengatakan kalau hal tersebut juga terkait dengan potensi untuk memajukan UMKM yang ada saat ini.

“Munculnya produk olahan berkualitas dari ikan bilis tentu akan memajukan ekonomi dari daerah tersebut, terlebih di era sekarang Pemerintah RI pun sedang bergeliat untuk mengangkat potensi UMKM dari daerah-daerah dan hal tersebut merupakan peluang,” kata Komandan Puslatpurmar 9 Dabo Singkep Mayor Mar Adid Kurniawan Wicaksono, M.Tr.Opsla ini.

Puslatpurmar 9 Dabo Singkep Gelar “Lomba Sambal Bilis”. (Foto : istimewa)

Selain itu, Komandan Marinir Puslatpur 9 Dabo Singkep ini juga menambahkan kalau dipilihnya kawasan wisata Pantai Batu Berdaun adalah dengan pertimbangan untuk menonjolkan daerah wisata tersebut sebagai bagian dari upaya untuk diakuinya Desa Batu Berdaun sebagai “Desa Wisata” yang juga merupakan program dari Pemda Kabupaten Lingga. Selanjutnya kegiatan Lomba Sambal Bilis tersebut juga merupakan bagian dari pelaksanaan perintah harian KASAL Laksamana TNI Yudo Margono untuk berani berubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan budaya rutinitas yang tidak produktif. (Rilis).

banner 325x300
Baca juga :   Diskusi Kelompok Terpumpun Media Massa di Dabo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *