Putri Pandan Berduri Dipentaskan Sanggar Diram Perkasa

Lingga78 Views
banner 468x60

Selingga.com (02/09) Singkep Barat. Sempena Gelar Seni Budaya Melayu ke-4 di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Sanggar Seni Diram Perkasa menampilkan seni bangsawan “Putri Pandan Berduri” pada Minggu (01/09) malam tadi di lapangan bola Achmad Jubil Rachman.
Jalannya pagelaran seni bangsawan sebanyak 9 babak yang disutradarai oleh Sariman Adipureza saat itu, dipenuhi ratusan masyarakat Desa Sungai Buluh. Bastiar selaku Ketua Sanggar Seni Diram Perkasa mengatakan kalau kehadiran mereka sampai saat ini sudah berjalan selama sembilan tahun.

“Malam ini kami baru selesai mengadakan pementasan bangsawan dengan judul “Putri Pandan Berduri”. Sanggar Seni Diram Perkasa ini merupakan salah satu teater bangsawan yang sudah berjalan dari tahun 2010 sampai saat ini”, kata Bastiar kepada pihak media, usai pementasan.
Bastiar juga berharap, penampilan mereka saat ini bisa memotivasi kalangan muda untuk lebih meminati seni bangsawan tersebut.
“Mudah-mudahan bangsawan ini bisa memotivasi teman-teman yang ada di Kabupaten Lingga untuk mencintai seni bangsawan karena ini sudah ada di Kabupaten Lingga dari dulunya”, tambah Bastiar.

Ketua Sanggar Seni Diram Perkasa, Bastiar

Sedangkan pihak Desa Sungai Buluh berharap, kegiatan yang ada tersebut bisa didukung oleh Pemkab Lingga.
“Kegiatan pementasan bangsawan yang dilaksanakan di Desa Sungai Buluh ini sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya. Kami berharap kegiatan ini bisa didukung oleh pihak Pemkab Lingga”, kata Kades Sungai Buluh, Agus Setiawan kepada pihak media.
Kades Sungai Buluh, Agus Setiawan. (kiri)

Kades Sungai Buluh ini juga mengatakan kalau Sanggar Seni Bangsawan di desanya itu harus mempunyai sekolah nonformal.
“Kami dari pihak Pemerintahan Desa Sungai Buluh, ada satu terobosan yang akan kami lakukan. Kami akan mengusahakan untuk merekomendasikan kepada Pemkab Lingga, bahwa Sanggar Seni Diram Perkasa harus mempunyai sekolah nonformal, khusus untuk melatih seni bangsawan ini”, kata Agus Setiawan. (Im).

banner 325x300
Baca juga :   SDIT Al-Madani Gelar Little Kids Great Talent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *