Terkait Virus Covid 19, Dinkes Lingga Minta Masyarakat Jangan Panik

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra

Selingga.com (18/03) Dabo.  Masyarakat Kabupaten Lingga diminta untuk tetap tenang dan jangan panik menyikapi penyebaran wabah virus corona atau covid-19 yang sudah mewabah di Indonesia. Untuk menghindari penyebaran virus tersebut banyak langkah yang bisa diterapkan, salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Syamsudi melalui Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular, Dinkes Lingga, Wirawan Trisna Putra yang berpesan agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik menyikapi virus corona tersebut.

“Masyarakat untuk tetap tenang menghadapi virus corona ini. Selalu jaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari virus tersebut,” ujarnya terang Wirawan Rabu (18/03/2020). Saat melakukan pengecekan suhu tubuh peserta Muscablub KONI Kabupaten Lingga yang berlangsung di Gedung Nasional Dabo Singkep.

Menurut Wirawan, saat ini Dinkes Lingga menggunakan alat digital Infra-red Thermometer untuk melakukan pengukuran suhu tubuh. Selain itu ada juga hand sanitizer yang sudah disediakan. Wirawan menerangkan depannya pihaknya juga akan dilakukan screening di beberapa titik pintu masuk seperti di Bandara Dabo Singkep, Pelabuhan Dabo, Pelabuhan Jagoh, dan pelabuhan lainnya yang ada di Lingga.

“Peralatan screeningnya sudah mencukupi dan dalam waktu dekat akan kita lakukan pengecekan suhu tubuh penumpang di semua pintu masuk pelabuhan di Kabupaten Lingga.”terang Wirawan.

Ditempat yang sama Kasi Surveilans dan Imunisasi DKPPKB Kabupaten Lingga, Melyanti meminta agar masyarakat selalu menjaga kebersihan, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, pertahankan gaya hidup sehat, gizi seimbang, olahraga teratur dan istirahat yang cukup dan jika ada keluhan panas, batuk, pilek serta sesak napas segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat.

Hal ini lakukan untuk diambil langkah-langkah secepatnya termasuk untuk memberikan rujukan ke beberapa Rumah Sakit yang sudah di tunjuk Pemerintah Pusat yaitu Rumah Sakit Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang, Rumah Sakit Embung Fatimah Batam, Rumah Sakit Ahmad Sani, Tanjung Balai Karimun jika memang ada terindikasi.

‘’Jika ada yang memasuki katagori suspect covid-19 langsung kita rujuk ke Rumah Sakit rujukan, sebab di Lingga hanya biasa melakukan pemeriksaan, untuk menentukan positiv atau tidak Rumah Sakit rujukan lah yang berhak, itu pun sample harus dikirim ke Jakarta.’’terang Melyanti.(Red)

Read Previous

Puskesmas Bakung Serumpun Akan Dibangun

Read Next

Terkait Isu Corona, Ketua DPRD Lingga Minta Wartawan Jaga Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *