Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Lingga Gelar Rakor Terkait Penjemputan dan Pelaksanaan Vaksin

Lingga92 Views
banner 468x60

Selingga.com (11/01) Dabo. Rapat Koordinasi Tim Tugas Covid-19 Kabupaten Lingga digelar terkait dengan kesiapan penjemputan dan pelaksanaan vaksin nantinya di Kabupaten Lingga. Rapat Koordinasi tersebut digelar di Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, pada Senin (11/01) tadi, di Dabo, Kabupaten Lingga yang dihadiri oleh Plt. Bupati Lingga, Kapolres Lingga, Lanal Dabo, Dandim, beserta tim dari Dinkes Lingga. Kadinkes Lingga, Mulkan Azima, usai rapat koordinasi saat itu mengatakan kalau vaksin untuk Kabupaten Lingga akan diantar oleh tim dari Provinsi Kepri. Rapat koordinasi saat itu juga mengikuti webinar yang digelar oleh pihak Provinsi Kepri.

“Alhamdulliah, kita baru selesai pertemuan dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lingga. Kita juga mengikuti webinar yang dilaksanakan oleh pihak Provinsi Kepri. Tetapi sejalan dengan itu juga, kami melaksanakan rapat koordinasi Tim Gugus, juga terkait persiapan pelaksanaan vaksin. Tadi sudah dibahas bahwa kesiapan Kabupaten Lingga terkait vaksin ini, untuk penjemputan sudah jelas bahwa vaksin untuk Lingga bersamaan juga untuk Karimun akan diantar oleh tim dari provinsi,” kata Mulkan Azima.

Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Lingga Gelar Rakor Terkait Penjemputan dan Pelaksanaan Vaksin

Selain itu, Mulkan Azima menjelaskan kalau nantinya dalam pengantaran droping vaksin tersebut, disertai juga perwakilan dari Kabupaten Lingga.

“Nantinya permintaan dari Ketua Tim Gugus bahwa ada perwakilan dari Lingga yang mendampingi pengantaran droping dari vaksin tadi sampai ke titik Pelabuhan Jagoh. Dari Pelabuhan Jagoh, nanti pejabat kita seperti Bupati Lingga, Kapolres, Danlanal, dan Dandim, akan ikut bersama-sama menjemput di Pelabuhan Jagoh,” kata Mulkan Azima.

Kadinkes Lingga, Mulkan Azima

Vaksin yang telah sampai di Pelabuhan Jagoh nantinya, akan dilakukan pengamanan dari pihak TNI-Polri dan Satpol-PP Kabupaten Lingga.

“Nanti vaksin tersebut akan dibawa dengan pengamanan oleh TNI-Polri dan Satpol-PP ke tempat penyimpanan vaksin. Untuk Lingga untuk tempat penyimpanan sudah disiapkan, yang kita sebut Kucen. Di situ bisa menyimpan sebanyak 2000 dosis,” jelas Mulkan Azima.

Baca juga :   Forum Panggilan Jiwa Berikan 100 Paket Bahan Pokok kepada Masyarakat Desa Kuala Raya

Sedangkan untuk droping awal vaksin, Kabupaten Lingga akan mendapatkan setengah dari jumlah data yang telah disampaikan sebelumnya.

Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Lingga Gelar Rakor Terkait Penjemputan dan Pelaksanaan Vaksin

“Berdasarkan webinar kemarin bahwa Kepulauan Riau, kabupaten/kota, akan didroping sementara ini sebesar 50% dari jumlah data yang kita sampaikan kemarin, yaitu 1029, lebih 1 dari data kemarin. Jadi, ada 500 lebih,” kata Mulkan Azima.

Kadinkes Kabupaten Lingga ini menambahkan kalau untuk saat ini, sudah ada 25 orang vaksinator yang terlatih guna melaksanakan vaksin nantinya.

“Untuk Kabupaten Lingga saat ini sudah terlatih sebanyak 25 orang untuk melaksanakan vaksin nantinya yang tersebar di seluruh Puskesmas dan rumah sakit. Jumlah ini akan bertambah lagi nantinya. Karena permintaan dari pusat dan provinsi untuk Kabupaten Lingga, nantinya akan ada penambahan lebih kurang 56 vaksinator yang datanya sudah terkirim untuk dilatih selama 4 hari lamanya melalui webinar. Kalau sudah begitu, tenaga kita untuk vaksinator jumlahnya lebih kurang 81 orang. Inilah petugas teknis vaksinator yang akan melaksanakan vaksin nantinya,” tambah Mulkan Azima.

Terakhir, Mulkan Azima menjelaskan kalau dari rapat koordinasi hari itu, pihaknya akan menyampaikan ke Provinsi Kepri terkait dengan penyesuaian jadwal pengiriman vaksin tersebut.

Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Lingga Gelar Rakor Terkait Penjemputan dan Pelaksanaan Vaksin

“Dari hasil pertemuan ini, kami juga akan menyampaikan ke pihak provinsi untuk meminta kepastian jadwal pengantaran vaksin tersebut. Sehingga nantinya kita tahu jadwalnya dan berkoordinasi dengan Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Lingga terkait penyambutan dan pengamanan dari vaksin tersebut,” kata Kadinkes Lingga ini. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *