Upaya Penguatan Mutu Pelayanan, Dinkes Lingga “Kejar” Akreditasi Puskesmas

Lingga143 Views
banner 468x60

Selingga.com (07/06) Dabo. Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga menggelar workshop Pendalaman Instrumen, Mutu Pelayanan, Audit Internal, Tinjauan Manajemen dan Keselamatan Pasien yang dimulai dari tanggal 06-08 Juni 2022 ini di ruangan serba guna One Hotel, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Kadis Kesehatan Lingga, dr. Bukit Tua Rayanto Gultom saat ditemui di sela-sela kegiatan workshop pada Selasa (07/06) tadi mengatakan kalau kegiatan tersebut sebagai persiapan bagi pihak Puskesmas di Lingga untuk menghadapi akreditasi Puskesmas nantinya.

“Kegiatan ini adalah kegiatan workshop mengenai pemahaman standar instrumen akreditasi Puskesmas. Kegiatan ini kita laksanakan untuk kesiapan kita buat teman-teman di Puskesmas guna untuk menghadapi akreditasi Puskesmas di tahun ini,” kata dr. Bukit.

dr. Bukit menambahkan kalau jalannya kegiatan yang diikuti oleh 39 peserta dan 13 pendamping kabupaten tersebut, menghadirkan narasumber dari pihak Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Lingga,dr. Bukit Tua Rayanto Gultom

“Kegiatan ini kita laksanakan dengan mengundang narasumber dari tim surveyor dari Kementerian Kesehatan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri. Kemudian semua peserta dari kegiatan ini ada 39 orang dengan 13 pendamping kabupaten serta ada juga yang namanya TPCB (Tim Pembina Cluster Puskesmas) dari Dinas Kesehatan Lingga,” kata dr. Bukit.

dr. Bukit juga mengatakan kalau direncanakan untuk akreditasi akan diikuti sebanyak 2 Puskesmas pada awal tahun nanti.

“Tujuan kita juga untuk mengasah persiapan teman-teman Puskesmas dalam menghadapi akreditasi Puskesmas tahun ini. Rencana kita untuk akreditasi Puskesmas tahun ini nantinya akan ada 11 Puskesmas yang akan menghadapi reakreditasi dan 2 Puskesmas akan menghadapi akreditasi di awal tahun 2023,” jelas dr. Bukit.

Selain itu, akreditasi yang ada juga merupakan upaya penguatan pelayanan yang ada.

Baca juga :   Peringati Isra Mikraj, Puslatpurmar 9 Dabo Gelar Silaturahmi di Ponpes Hutan Tahfiz Halimatussa'Diyah

“Sesuai harapan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Lingga, yaitu untuk peningkatan kualitas pelayanan dan juga penguatan mutu pelayanan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, khususnya di masyarakat kita, maka akreditasi ini adalah salah satu cara untuk penguatan pelayanan di tingkat Puskesmas. Itu harapan kita,” kata dr. Bukit.

Untuk itu juga Kadis Kesehatan Kabupaten Lingga ini berharap salah satu Puskesmas yang ada di Lingga bisa mendapatkan akreditasi paripurna nantinya.

Workshop Pendalaman Instrumen, Mutu Pelayanan, Audit Internal, Tinjauan Manajemen dan Keselamatan Pasien

“Target kita untuk tahun ini kita bisa mengantarkan salah satu Puskesmas yang ada di Kabupaten Lingga untuk mendapatkan akreditasi dengan predikat paripurna. Ini merupakan komitmen kita bersama. Mudah-mudahan pada tahun ini bisa berhasil untuk akreditasi paripurna. Karena di dalam akreditasi, paripurna merupakan tingkatan paling tinggi. Inilah target-target kita,” kata dr. Bukit. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *