Wakapolres Anambas Pimpin Upacara HUT Satpam ke-42

Kepri72 Views
banner 468x60

Selingga.com (30/01) Kepulauan Anambas. Upacara HUT Satuan Pengamanan ke-42 tahun 2023 mengusung tema “Sinergitas Satpam dan Polri, Peduli untuk sesama” dilaksanakan di halaman Mapolres Kepulauan Anambas pada Senin (30/1/2023) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kamenag Kepulauan Anambas Dr. H. Erizal, Kasat Binmas, Kabag SDM, Kasatresnarkoba, Kasat Intelkam, Kasat Tahti. Upacara tersebut diikuti oleh 1 Pleton Satuan Pengamanan dan sejumlah personel Polres Kepulauan Anambas.

Dalam upacara tersebut, Wakapolres Kepulauan Anambas membaca amanat dari Kapolri yang menyampaikan bahwasanya upacara tersebut merupakan puncak peringatan Hut ke- 42 Satpam, yang mana sebelumnya telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti tabur bunga, pemutaran film edukasi penyalahgunaan narkoba di bioskop seluruh Indonesia, lomba gerak jalan, bhakti sosial dan berbagai kegiatan lainnya.

Selain itu, terciptanya situasi Kambtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia.

Pembentukan Satpam ini juga didasari pada penelitian dan studi banding tentang “Security Guards” di berbagai negara serta keberhasilan penjagaan kemananan partikelir (swasta) seperti penjaga rumah, penjaga perkantoran, penjaga perusahaan, dan pengawas dalam menjaga keamanan setiap wilayahnya.

Kemudian, kehadiran Satpam juga merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

Sedangkan untuk peningkatan peran aktif PAM Swakarsa terlihat dari jumlah BUJP dan personil Satpam yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2022 jumlah BJUP sebanyak 5.760 atau meningkat 250% dari tahun 2021 sebanyak 1.622, untuk jumlah personil 2022 sebanyak 856.002 orang atau meningkat 5 persen dari tahun 2021 sebanyak 815.129 orang.

Kepada para personil Satpam juga harus senantiasa berpegang teguh nilai norma, dan etika yang baik pada pelaksanaan tugas. Tanamakan bahwa fungsi Kepolisian terbatas non yustisill yang diberikan kepada rekan-rekan Satpam merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga karena kehadiran Satpam juga merupakan representasi kehadiran Polri dilapangan.

Baca juga :   Saptono," Diberi Makan, Tetapi Tidak Diakui Anak"

Setelah upacara selesai di lanjutkan dengan kegiatan sesi poto bersama oleh Wakapolres, PJU dan anggota Satuan Pengaman. (Red/rls).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *