Wakili Kepri, Muthiah Siswa SMPN – 2 Singkep, “Awalnya Kaget, Sekarang Saya Fokus Berlatih”

0
Muthiah bersama Awan Murni, S.P.d.GuruPembimbing IPA SMPN - 2 Singkep. (foto: istimewa)

Selingga.com (07/05) Dabo. Tampilnya nama Muthiah Raihana Corana dari SMPN – 2 Singkep dan Diah Ramadhani dari MTS Aqidatunnajim Daik, untuk mewakili Provinsi Kepri pada OSN tingkat nasional nantinya di Yogyakarta pada 30 Juni – 06 Juli 2019 mendatang, tidak terlepas dari seleksi berjenjang sebelumnya yang dimulai dari tingkat kab/kota hingga ke tingkat provinsi.

Dalam seleksi berjenuang itu, Muthiah Raihana Corana diketahui mengambil mata pelajaran IPA dan rekannya Diah Ramadhani pada mata pelajaran IPS. Kedua pelajar dari Kabupaten Lingga ini dinyatakan lulus kategori penilaian dan siap mewakili Provinsi Kepulauan Riau pada OSN nantinya.

“Kami selaku Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, pertamanya mengapresiasi sepenuhnya kepada pihak SMPN 2 Singkep dan MTs Aqidatunnajim Daik, yang telah berhasil membimbing kedua peserta didik tersebut, yakni Muthiah Raihana dan Diah Ramadhani, sehingga lolos mengikuti seleksi dan siap berkompetisi lagi di tingkat nasional, dengan membawa nama Prov.Kepri pada umumnya dan Kab.Lingga pada khususnya,” kata Kadisdik Kabupaten Lingga Drs. Junaidi Adjam melalui pesan elektronik kepada pihak pewarta, pada Selasa (07/05) tadi.

Kadisdik Kabupaten Lingga Drs. Junaidi Adjam. (foto : istimewa)

Meski mengaku secara kualitatif masih tergolong rendah, namun Junaidi mengatakan kalau keduanya, secara individu masih berkompetitif.

“Keterwakilan dua orang pelajar ini merupakan suatu kebanggaan Dinas Pendidikan Kab.Lingga. Walaupun Pendidikan Lingga secara kualitatif masih tergolong rendah, justru Ananda kami berdua ini secara individual mampu berkompetitif dan bersaing dengan peserta didik dari kab/kota lain sehingga mereka bisa mengukir prestasi di bidang akademik ini. Mudah-mudahan nantinya juga berhasil di tingkat nasionalnya,” tambah Junaidi.

Sedangkan Awan Murni, S.Pd., selaku guru pembimbing Muthiah Raihana Corana di SMPN 2 Singkep, dihari yang sama juga mengatakan kalau keberhasilan Mutia untuk mewakili Provinsi Kepulaun Riau ini, tidak terlepas daripada proses seleksi sebelumnya.

Muthiah Raihana Corana. (foto : istimewa)

“Awalnya Muthiah mengikuti seleksi akademiknya di tingkat Kabupaten yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga di Kantor Korwil Bid. Pendidikan Kecamatan Singselisir. Saat itu Muthiah masuk peringkat tiga untuk se – Kabupaten Lingga. Setelah itu barulah Muthiah diseleksi kembali di tingkat Provinsi Kepri dan kemudian dinyatakan lulus penilaian dan menggugurkan saingannya yang lain, sehingga siap mewakili Prov. Kepri ke tingkat nasionalnya,” kata Awan Murni di SMPN – 2 Singkep.

Awan Murni juga menambahkan, kalau kini dirinya beserta Tim guru IPA di SMP N 2 Singkep sedang memberikan bimbingan yang ekstra kepada Mutia, sebagai persiapannya sebelum berkompetisi di tingkat nasional mendatang.

“Sebagai persiapan di tingkat nasionalnya nanti, Kami Tim guru IPA di SMPN 2 Singkep sedang fokus memberikan bimbingan ekstra kepada Mutiah. Hal ini demi persiapan nantinya agar benar-benar matang. Salah satunya dengan cara memberikan materi pembelajaran yang lebih luas lagi. Semua materi tersebut tentunya merujuk kepada soal – soal OSN pada tahun sebelumnya dan yang akan diujikan nantinya. Selain itu, kami juga memberi bimbingan psikis bagi mutia, agar mentalnya nanti benar-benar siap. Kemudian yang terakhir tidak lupa juga selalu mengingatkan kepada Muthiah untuk selalu berdoa,” kata Awan Murni.

Ditempat yang sama, Muthiah Raihana mengatakan kalau sebelumnya, dirinya tidak menyangka akan keluar sebagai wakil dari Kepri untuk bertarung di tingkat nasional nantinya.

Muthiah bersama ibunya, Waka kurikulum dan Kasek SMPN – 2 Singkep. (foto : istimewa)

“Saya awalnya kaget mendengar kabar ini, karena saya tidak menyangka hasil seleksi kemarin, akhirnya membawa nama saya untuk tampil mewakili Provinsi Kepri. Ini untuk mata pelajaran IPA dan nanti akan diberangkatkan ke Yogyakarta. Karena Kemarin itu persaingannya sungguh ketat. Saya harus menghadapi rekan-rekan yang dari perkotaan seperti Batam, Tanjungpinang, Bintan dan Tanjungbalai Karimun. Tentunya mereka yang dari kota tersebut sudah memiliki persiapan yang jauh lebih baik karena pendidikan di daerah mereka sudah maju dibanding daerah kami, ” kata Muthiah saat itu.

Muthiah juga menambahkan, kalau dirinya kini berusaha berlatih dan belajar lebih giat lagi, agar nanti bisa tampil lebih baik .

“Sekarang saya sedang fokus berlatih dan mengikuti bimbingan ekstra dari Ibu guru pelajaran IPA di sekolah ini. Serta tidak lupa juga saya mohon doanya dari kedua orang tua saya, kemudian Ibu/Bapak Guru SMPN 2 Singkep, teman-teman disekolah, dan masyarakat Kab.Lingga agar besok saya bisa tampil dengan baik dan dapat mengharumkan nama Provinsi Kepri pada umumnya dan Kab. lingga Pada khususnya,” tambah Muthiah.(Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan