AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T,” Kita Tidak Sekedar Memakai Seragam Polri”

0
Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho bersama Camat Singkep Selatan, Sabirin

Selingga.com (11/07) Dabo. Selesai jalannya peringatan HUT Bhayangkara – 73 di Lapangan Merdeka, Dabo Singkep pada Rabu (10/07) tadi, tidak menandakan berakhirnya rangkaian kegiatan yang ada dari pihak Polres Lingga ini. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengadakan syukuran di halaman Mapolres Lingga.

Dihadapan undangan yang memenuhi kursi tempat acara, Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T mengatakan, kalau berlanjutnya usia Polri itu, merupakan amanah yang akan terus menjadi tanggungjawab pihak mereka.

Kapolres Lingga, saat berpoto bersama barisan pemenang lomba Polisi Cilik

“Kita mensyukuri atas diberikannya keberlanjutan usia Polri, yang tentunya merupakan dua sisi mata uang, dimana tanggungjawab amanah yang harus kita emban agar lebih baik lagi. Kita tidak boleh bereuforia lagi, bersenang-senang dengan hari ulang tahun, dengan dirgahayu kita ini. Namun dibalik itu semua, di usia 73 tahun ini, apa yang mau kita lakukan,” kata Kapolres Lingga ini, dalam sambutannya saat itu.

AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T juga mengingatkan, kalau sebelumnya para purnawirawan telah meninggalkan jejak sejarah terhadap arah dan tujuan dari Polres Lingga.

“Purnawirawan yang hadir pada hari ini telah meninggalkan blue print, telah meninggalkan jejak sejarah, meninggalkan arah dan tujuan Polres Lingga, yang tentunya tidak boleh lepas dari visi dan misinya membangun, menciptakan, menjaga kamtibmas yang aman, damai dan kondusif di Kabupaten Lingga,” kata Kapolres Lingga.

Kabagops Polres Lingga, Kompol Rusdwiantoro ketika menyerahkan hadiah bagi Kelurahan Sungai Lumpur, yang diterima langsung oleh lurahnya, Gunawan, S.Kom

Perwira menengah dengan ‘Bunga Sudut Lima’ di pundaknya ini juga mengatakan, kalau polisi itu tidak hanya sebatas sampai pada seragamnya saja.

“Polres Lingga yang berdiri pada tahun 2004, apakah sudah sanggup menjalankan amanahnya yang begitu luarbiasa dan berat. Kita tidak sekedar memakai seragam Polri ini, dan berbangga hati dengan usia yang ke – 73 tahun ini, yang otomatis mendapat pengakuan bahwa kita ini lebih mampu. Tentunya tidak. Namun semakin tua, semakin bertambahnya usia, mari kita sama-sama mengintrospeksi diri kita, mengevaluasi bagaimana kinerja kita, bagaimana kedekatan kita kepada masyarakat, sinergitas kita dengan TNI , pemerintah dan seluruh stokholder,” kata Kapolres Lingga.

AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T juga mengingatkan kembali, tugas pokok yang melekat di ‘Korps Baju Coklat’ tersebut.

“Bagaimana ilmu pengetahuan kita, kesiapan sarana kita, untuk melayani masyarakat Kabupaten Lingga ini. Karena di dalam Undang-Undang Kepolisian sudah diamanahkan tugas pokok kita adalah pemelihara kamtibmas, Pelindung, Pengayom, Pelayan masyarakat dan juga sebagai penegak hukum. Maka amatlah sangat baik, indah, apabila Polres Lingga, di usia ke 73 tahun ini, bersinergi dengan usia Polri, lebih mampu memelihara kamtibmas sekaligus Melindungi, Mengayomi dan Melayani masyarakat, menuju Lingga yang aman, tertib, kondusif dan damai. Itulah inti dari acara syukuran kita. Intinya adalah mensyukuri kepada Allah atas diberikannya berkelanjutan. Namun dibalik itu, kita tetap mengingat amanah yang diberikan,” kata Kapolres Lingga.

Pihak Polres Lingga ini mengaku, kalau di dalam menjalankan tugas dan amanah yang ada, banyak dibantu oleh masyarakat dan institusi lainnya.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya dari Polres Lingga kepada seluruh lapisan masyarakat, tentunya juga bagi rekan-rekan kami di TNI, rekan-rekan kami di Pemerintahan Kabupaten Lingga, seluruh lembaga dan instansi yang ada, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ormas, LSM dan tentunya rekan-rekan media serta seluruh generasi muda yang ada di Kabupaten Lingga ini, dengan peran aktifnya membantu kami Polres Lingga, dalam menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Lingga. Hal ini tentunya membuat kami lebih ringan dalam menjalankan amanah kami. Kami tidak sanggup membayangkan jika semua yang ada, tidak berkenan membantu kami. Kami tidak sanggup membayangkan itu,” papar Kapolres Lingga, masih dalam sambutannya saat itu.

Jalannya acara syukuran tersebut, diwarnai dengan penyerahan hadiah bagi pemenang dibeberapa perlombaan yang dilaksanakan sebelumnya. Untuk lomba Polisi Cilik, yang hadiahnya langsung diserahkan oleh Kapolres Lingga ini, keluar sebagai juara pertama adalah SDN 002 Singkep. Diikuti oleh juara keduannya dari SDN 008 Singkep dan juara ketiganya dari SDN 001 Singkep.

Untuk lomba pidato kamtibmas yang hadiahnya diserahkan oleh Wakapolres Lingga, Kompol Isa Imam Syahroni, S.I.K, M.T, keluar sebagai juara pertama Bripda Hamdani Siahaan, juara kedua Bripda Eka Hardiyanto Yerli dan Bripda Yoan Afdinal di tempat ketiga.

Selain itu, ada juga perlombaan Pos Siskamling, yang menempatkan Pos Kamling Sungai Buluh sebagai juara pertama, disusul Pos Kamling Kelurahan Sungai Lumpur ditempat kedua dan Pos Kamling Dabo diurutan ketiga. Piala diserahkan oleh Kabagops Polres Lingga, Kompol Rusdwiantoro.

Bagi perlombaan Polsek sebagai Basis Deteksi Dini yang hadiahnya diserahkan oleh Kabagsumda, Kompol Alfis Madan. Keluar sebagai juara pertamanya adalah Polsek Singkep Barat. Juara kedua diraih oleh Polsek Dabo Singkep. Ditempat ketiga diraih oleh Polsek Daik dan Polsek Senayang di posisi ke empat.(Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.