BKKBN Kepri Gelar Kegiatan Orientasi Pendampingan di SMAN 2 Singkep

BKKBN Kepri Gelar Kegiatan Orientasi Pendampingan di SMAN 2 Singkep

Selingga.com (29/09) Dabo. Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kepri menggelar kegiatan orientasi pendampingan bagi kader Poktan (kelompok kegiatan) dan anggota PIK-R dalam pencatatan pelaporan New SIGA. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis (29/09) tadi di SMA Negeri 2 Singkep, Kabupaten Lingga. Sebelumnya aplikasi SIGA yang kemudian berubah menjadi New SIGA akan menjadi data operasional dalam melakukan intervensi atas program BKKBN seperti program PIK-R.

Siska Septianasari, S.Sos. selaku Bina Ketahanan Remaja BKKBN Provinsi Kepri saat ditemui di sela-sela kegiatan hari itu mengatakan kalau kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Lingga tersebut adalah kelompok yang ketiga dari 7 kabupaten/kota yang ada di Kepri.

Bina Ketahanan Remaja BKKBN Provinsi Kepri, Siska Septianasari, S.Sos.

“Kami dari BKKBN Provinsi Kepulauan Riau pada hari ini mengadakan orientasi kepada Poktan dan PIK-R remaja, khususnya untuk di Kabupaten Lingga. Kegiatan ini kita lakukan selama 2 hari, pertama di Dabo dan hari kedua di Daik. Kabupaten Lingga adalah kelompok ketiga dalam kegiatan yang dilakukan di 7 kabupaten/kota lainnya,” kata Siska Septianasari.

Siska menambahkan kalau kegiatan pelaporan yang dilaksanakan secara online, untuk mengetahui apa saja kegiatan setiap bulannya yang telah dilakukan oleh PIK-R dan kelompok kegiatan yang nanti langsung terpantau oleh BKKBN pusat.

BKKBN Kepri Gelar Kegiatan Orientasi Pendampingan di SMAN 2 Singkep

“Adapun kegiatan kita kali ini adalah untuk menunjang cakupan yang secara online kita lakukan di pelaporan PIK-R dan kelompok kegiatan, khususnya di Kabupaten Lingga. Kegiatan ini kita lakukan secara tatap muka dan mengentri kegiatan secara langsung ke dalam aplikasi dan mengetahui apa saja kegiatan yang telah dilakukan oleh kelompok kegiatan tersebut dan PIK-R di setiap bulannya, Jadi, untuk mengetahui kegiatan ini berjalan dengan baik atau tidak, kita harus lakukan kegiatan pelaporan secara online,” kata Siska.

BKKBN Kepri Gelar Kegiatan Orientasi Pendampingan di SMAN 2 Singkep

Sementara itu Kepala SMA Negeri 2 Singkep, Frans Edwinata sangat mendukung dengan digelarnya kegiatan orientasi pendampingan bagi kader Poktan dan anggota PIK-R yang dilaksanakan di lingkungan sekolah mereka.

“Alhamdulillah pada hari ini kami kedatangan pihak dari BKKBN Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka sosialisasi tentang pelaporan kegiatan PIK-R Remaja. Kami dari pihak sekolah sangat mendukung, sangat mengapresiasi kegiatan ini,” kata Frans Edwinata.

Kepala SMA Negeri 2 Singkep, Frans Edwinata

Frans Edwinata juga menambahkan kalau dengan adanya kegiatan tersebut, pelaporan kegiatan PIK-R Remaja akan mudah dipantau apakah sesuai dengan program kerja yang telah ada sebelumnya.

“Sehingga dengan adanya sosialisasi pelaporan kegiatan PIK-R Remaja di sekolah, dapat dipantau apakah PIK-R Remaja yang berada di sekolah ini dapat berjalan sesuai dengan tupoksinya atau program kerja yang telah dicanangkan oleh PIK-R Remaja yang ada di sekolah. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut ke depannya lagi,” kata Frans Edwinata. (Im).

Read Previous

Kasus Pupuk Jadikan Mantan Kadis Pertanian Lingga Tahanan

Read Next

Melalui Kutbah Jumat, Kapolsek Palmatak Ingatkan Masyarakat Untuk Selalu Menjaga Persatuan dan Kesatuan Antar Umat Beragama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *