Budi Daya Keramba di Desa Bendahara Kepulauan Posek, Upaya Menuju “Desa Definitif”

Lingga89 Views
banner 468x60

Selingga.com (10/09) Kepulauan Posek. Dalam upaya pengembangan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Persiapan Bendahara, Kecamatan Kepulauan Posek, Kabupaten Lingga saat ini terlihat dari peran masyarakat dan pemuda dalam mengembangkan budi daya kerapu cantang. Sekretaris Desa Persiapan Bendahara, Irak, pada Sabtu (10/09) tadi di Desa Persiapan Bendahara, Kecamatan Kepulauan Posek, Kabupaten Lingga menyampaikan kalau pihak mereka siap untuk menjadikan desa tersebut menjadi definitif.

“Dari sarjana perikanan menyampaikan kami layak dan siap menjadi desa definitif dengan kemandirian perkembangan ekonomi lokal dalam mengembangkan budi daya ikan di desa dengan sumber Dana Desa (DD) untuk memberi pendapatan desa nantinya,” kata Irak.

Budi Daya Keramba di Desa Bendahara Kepulauan Posek, Upaya Menuju “Desa Definitif”. (Foto : istimewa)

Irak yakin dengan memanfaatkan potensi alam yang ada, ke depannya desa tersebut bisa menjadi desa mandiri.

“Ketika kami sudah menjadi desa definitif, kami yakin dan percaya bahwa desa kami akan menjadi lebih baik lagi ke depannya dalam pengelolaan Dana Desa (DD) untuk menuju Desa Mandiri dengan pemanfaatan potensi alam yang kami miliki ini,” kata Irak.

Selain itu, Irak menambahkan kalau saat ini pihaknya sudah mempersiapkan panen perdana kerapu cantang tersebut.

“Saat ini kita sudah siap panen perdana dengan beberapa kelompok desa ataupun pemuda desa setempat. Diperkirakan panen nantinya akan mencapai lebih kurang 1 ton. Pasca-PPKM ini harga masih menurun, jadi belum dapat dipanenkan hasil keramba tersebut,” jelas Irak.

Budi Daya Keramba di Desa Bendahara Kepulauan Posek, Upaya Menuju “Desa Definitif”. (Foto : istimewa)

Sementara itu Camat Kepulauan Posek, Sutarman berharap Pemerintah Kabupaten Lingga dapat lebih cermat dan teliti dalam memberikan penilaian verifikasi kelayakan untuk menjadikan desa definitif dengan beberapa indikatornya.

“Desa Persiapan Bendahara siap menjadi desa definitif dengan faktor hari ini yang mampu dalam pengembangan ekonomi masyarakat setempat. Upaya budi daya tersebut juga merupakan tabungan masa depan masyarakat dan pemuda di sini,” kata Sutarman.

Baca juga :   SD dan SMP Islam Terpadu (IT) Insan Cendikia Dabo Singkep Wisudakan 74 Orang
Camat Kepulauan Posek, Sutarman. (Foto : istimewa)

Camat Kepulauan Posek ini juga meminta kepada Gubernur Kepulauan Riau untuk segera memberikan rekomendasi terķait dengan desa persiapan untuk menjadi definitif, khususnya Desa Persiapan Bendahara di wilayah Kecamatan Kepulauan Posek.

“Dari desa persiapan menjadi definitif, khususnya Desa Persiapan Bendahara yang ada di Kecamatan Kepulauan Posek yang serba kekurangan dalam hal fasilitas dan juga jarak tempuh antarpulau. Ini juga menjadi kendala secara birokrasi pemerintahan. Tetapi kami mampu untuk memberikan keyakinan bahwa desa kami siap bersaing dengan desa lainnya,” papar Sutarman. (Rilis).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *