Buka ‘Pojok Baca’, Anak-Anak Penuhi Tenda Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Lingga

0
Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lingga menggelar 'Pojok Baca'

Selingga.com (09/09) Dabo. Untuk memancing minat baca anak-anak, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lingga menggelar ‘Pojok Baca’ pada Minggu (09/09) tadi. Kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Sergang, Desa Tanjung Harapan Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga itu, menyertakan ratusan buku-buku bacaan anak-anak.

“Kebetulan kita dari pojok baca ini, untuk memancing minat baca anak-anak. Kegiatan ini juga kita selaraskan dengan Hari Anak. Jadi kami dengan Dinas Sosial sejalan. Kita juga melibatkan literasi dan dari Polres Lingga juga. Pojok baca ini memang khusus untuk anak-anak dan kita membawa buku-buku khusus untuk mengenalkan membaca kepada anak-anak,” kata Beby Susanti selaku Kabid Pengelolaan, Layanan, dan Pembinaan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lingga, kepada pihak media saat itu.

Beby juga mengatakan, kalau antusias dari anak-anak yang ada, sangat tinggi.

Kabid Pengelolaan, Layanan, dan Pembinaan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lingga, Beby Susanti

“Dalam kesempatan ini, kita mengharapkan ibu-ibu agar membawa anak-anaknya untuk mengenalkan membaca, mengenal gambar. Banyak juga anak-anak yang membaca sendiri. Kami juga memberikan surprise agar anak-anak mengunjungi stand kami. Alhamdulillah, tadi awalnya kami memancing minat anak melalui hadiah, tetapi setelah hadiahnya habis, anak-anak masih banyak juga yang datang dengan didampingi oleh orangtua mereka,” kata Beby.

Melalui kegiatan yang ada itu, pihak Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lingga ini berharap, bisa menjauhkan hal-hal negatif terhadap anak.

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lingga menggelar ‘Pojok Baca’

“Harapan kedepannya, anak-anak kita bisa mengenal baca dan dapat menjauhkan pengaruh negatif yang ditimbulkan dari sebuah kemajuan teknologi saat ini. Mudah-mudahan dengan membaca, mereka memiliki literasi tersendiri untuk kehidupannya. Karena konsep membaca ini akan termemori dengan literasi tersendiri untuk mereka. Insyaa Allah akan mempunyai kemampuan membaca dan membuka imajinasi mereka untuk berkembang kedepannya,” jelas Beby.

Ketika disinggung oleh pihak media tentang konsep yang diterapkan untuk menarik minat baca anak, Beby mengatakan kalau sebelumnya mereka telah melakukan kerjasama dengan pihak sekolah, terkait dengan pengenalan awal terhadap minat baca tersebut.

“Kemarin kami dari Dinas Perpustakaan, telah mengenalkan kepada anak-anak kita di sekolah tingkat Taman Kanak-Kanak. Kitapun telah melakukan kerjasama untuk pengenalan awal dalam bentuk mengunjungi perpustakaan. Di Kecamatan Lingga, kami juga telah melakukan kerjasama dengan Sekolah Taman Kanak-Kanaknya. Anak-anak TK kan punya kegiatan belajar diluar (outbond – red) sekolah,” terang Beby.

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lingga menggelar ‘Pojok Baca’

Kabid Pengelolaan, Layanan, Dan Pembinaan Perpustakaan Kabupaten Lingga ini juga mengatakan, kalau mereka juga menggunakan sistem paket dalam pendistribusian buku-buku ke pihak sekolah.

“Ada juga yang sistem paket, di distribusikan ke sekolah. Karena sekarang inikan di sekolah itu ada kegiatan sekitar 15 menit untuk literasinya. Jadi kita kirimkan buku perpaketnya ke sekolah-sekolah. Kalau yang di Dabo ini, baru kita laksanakan di 4 sekolah, SDN 008, SDN 005, SDN 007 dan SDN 010. Insyaa Allah, kedepannya akan bertambah lagi,” kata Beby. (Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.