Demi Anak-Anak, Brigadir Angga Keliling Bawa Buku Bacaan

0
Brigadir Tengku Angga dari Satbinmas Polres Lingga, melaksanakan pustaka keliling melalui 'Puspa' (Pustaka Polres Lingga)

Selingga.com (09/09) Dabo. Penampilannya tidak jauh berbeda dengan kawan-kawan seprofesinya yang bertugas di jajaran Polres Lingga. Dari seragam coklat dan pangkat yang melekat, siapapun tahu, kalau Tengku Angga ini adalah seorang anggota polisi. Dengan pangkat Brigadir, sosok Tengku Angga lebih familiar dikalangan anak-anak, sebagai polisi dengan buku-buku bacaan.

Bermodalkan motor dinas yang dimodif seperlunya, Brigadir Tengku Angga menyapa ‘dunia anak-anak’ dengan buku bacaan yang ada. Tidak jarang, jarak tempuh yang cukup jauh harus dijalaninya, hanya untuk menemui anak-anak di desa, yang minim dengan keberadaan buku-buku bacaan.

Brigadir Tengku Angga dari Satbinmas Polres Lingga, melaksanakan pustaka keliling melalui ‘Puspa’ (Pustaka Polres Lingga)

“Saya Brigadir Tengku Angga dari Satbinmas Polres Lingga, melaksanakan pustaka keliling melalui ‘Puspa’ (Pustaka Polres Lingga). Visi dan misi saya, untuk mengajak anak-anak agar rajin membaca. Karena saat ini, anak-anak mungkin lebih mengenal gadget, handphone, jadi kurang minat membacanya,” kata Brigadir Tengku Angga, saat ditemui pihak media di Pantai Sergang, Desa Tanjung Harapan Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga pada Minggu (08/09) tadi.

Polisi dengan penampilan sederhana ini juga terkadang harus berpatner dengan pihak lainnya, untuk bersama-sama meningkatkan minat baca pada anak-anak yang ada.

“Saya bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lingga, berusaha untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Kabupaten Lingga. Semoga kegiatan ini bermanfaat, serta menjadi ladang amal bagi saya,” kata Brigadir Tengku Angga.

Brigadir Tengku Angga

Disinggung seberapa besar minat baca pada anak-anak, Brigadir Tengku Angga mengatakan, kalau anak-anak yang berada di daerah-daerah terpencil, minat bacanya sangat tinggi.

“Kebetulan saya pernah pergi ke SD Resang, anak-anak di sana sangat antusias. Karena mereka di sana tidak ada pustaka. Kemudian jarak tempuh dari Resang ke kotanya, agak lumayan jauh. Jadi ketika saya ke sana, anak-anak disana bilang,” Om, nanti datang lagi, ya om. Karena kami tidak ada tempat bacaan”. Kalau untuk daerah-daerah yang agak terpencil, mereka sangat luar biasa,” jawab Angga.

Brigadir Tengku Angga menjelaskan kalau saat ini, dirinya lebih memfokuskan dengan keliling pada sekolah-sekolah yang ada.

“Kalau sekarang ini, saya keliling ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Lingga. Seperti ke Resang, ke Marok. Jadi saya mobile. Terkadang saya juga singgah di dalam kegiatan-kegiatan yang ada, seperti Hari Anak Nasional. Nanti dari Perpustakaan Daerah memberi informasi kalau ada kegiatan. Kalau untuk saya sendiri, saya ke sekolah. Kemudian jalan lagi, dimana ada tempat yang ramai, saya singgah lagi,” kata pengelola Perpustakaan Puspa Polres Lingga ini.

Anak-anak antusias membaca di pustaka keliling melalui ‘Puspa’ (Pustaka Polres Lingga)

Terakhirnya, ketika disinggung oleh pihak media, apa yang diharapkan dirinya selaku abdi negara, terhadap anak-anak nasional, Brigadir Tengku Angga lebih menekankan kepada meningkatnya minat baca pada anak.

“Harapan saya kepada anak-anak, marilah sama-sama meningkatkan minat baca. Karena di dalam Al – Qur’an juga telah dijelaskan, Iqra’, bacalah. Bukan diminta untuk nonton. Mudah-mudahan anak-anak kita sebagai penerus bangsa ini, dapat lebih meningkatkan minat baca,” kata Brigadir Tengku Angga.(Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.