BUMDes Amanah Gelar Laporan Pertanggungjawaban

0
101
BUMDes Amanah Gelar Laporan Pertanggungjawaban. (Foto : istimewa)

Selingga.com (17/01) Dabo. Dihadiri anggota dan pengawas BUMDes, ketua BPD, ketua LPM, pendamping desa, pihak desa yang diwakili sekdes, kepala dusun, ketua RT, dan RW, BUMDes Amanah, Desa Tanjung Harapan menggelar laporan pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan pada Kamis (16/01) tadi di Gedung Serba Guna, Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.

Ketua BUMDes, Zainal, dalam laporannya saat itu menyampaikan kalau kegiatan BUMDes yang bergerak dalam usaha penjualan sembako, fotokopi dan ATK, minyak, dan penyewaan molen yang sebelumnya mendapatkan penyertaan modal dari desa, kini mampu menghasilkan saldo dengan rincian pembagian Sisa Hasil Usaha untuk tahun 2019 ini adalah Rp5.897.250,00.

Jumlah tersebut dengan pembagian, PADes 40%: Rp2.358.900,00, Kesejahteraan Pengelola 35%: Rp2.064.037,5,00, Dana Sosial 10%: Rp589.725,00, Penambahan Modal 5%: Rp294.862,5,00, dan Biaya Operasional BUMDes 10%: Rp589.725,00.

BUMDes Amanah Gelar Laporan Pertanggungjawaban. (Foto : istimewa)

Sementara itu, Ketua LPM, Mariono yang saat itu didampingi Ketua BPD, Yus, saat memberikan sambutan memberikan apresiasi kepada pengurus, bahwasanya sudah memberikan perubahan yang baik dan menghasilkan PAD.

“BUMDes Amanah berdiri tanggal 10 Oktober 2016 lalu dengan motto “Kejujuran Kunci Keberhasilan”. Kepengurusan ini telah mengalami tiga kali pergantian. Pada kepengurusan Bumdes tahun 2018 sampai 2019 yang diketuai oleh Zainal, sekretaris, Umi, bendahara, Zaharah, dan kepala unit, Jumadianto, sudah mampu membuat perubahan. Dengan Pengawas Ketua, Mirsal, wakil ketua, Mariono, anggota, Aslia Ding, sudah menunjuk perubahan. Saya berharap ke depannya, bisa lebih maju lagi dengan unit usaha baru,” kata Mariono.

Sedangkan Sekdes Tanjung Harapan, Sublizar, mengharapkan kehadiran BUMDes bisa menjadi sumber peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

“BUMDes merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi. Pendayagunaan potensi ini terutama bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga desa melalui pengembangan usaha ekonomi kerakyatan. Di samping itu, keberadaan BUMDes juga diharapkan memberikan sumbangan bagi peningkatan sumber pendapatan asli desa ini terus kita support dan perhatikan,” kata Sublizar mewakili Kades Tanjung Harapan yang berhalangan hadir. (Rilis).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.