Dabo Mengalami Gerhana Matahari Sebagian

0
Gerhana Matahari Sebagian

Selingga.com (10/03) Dabo Singkep. Peristiwa Gerhana Matahari pada hari Rabu (9/3) merupakan kejadian yang spesial bagi warga dabo dan sekitarnya.  Pasalnya, proses terjadinya gerhana matahari dapat disaksikan secara langsung oleh warga. Warga berduyun – duyun mendatangi tempat – tempat yang bisa digunakan untuk melihat gerhana matahari, salah satunya di kawasan Pelabuhan Dabo. Berbagai alat digunakan oleh warga untuk mengabadikan peristiwa yang langka tersebut.

Melihat gerhana matahari
Melihat gerhana matahari

“Ini kejadian yang langka, jarang sekali kita dapat mengabadikan peristiwa seperti ini” Ujar Darwis, salah satu warga yang ikut menyaksikan gerhana matahari tersebut.

Peristiwa gerhana matahari di Kawasan Dabo mulai berlangsung pukul 07.00 WIB, dimana sinar matahari mulai perlahan – lahan meredup. secara keseluruhan, proses gerhana matahari di kawasan Dabo berlangsung selama 3 menit.  Gerhana matahari di kawasan dabo hanya sebagaian, tidak sampai total seperti kota – kota lainnya.

Namun demikian, peristiwa yang langka terjadi tersebut belum dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk menjadikan peristiwa tersebut sebagai acara yang spesial seperti kota – kota lain yang dilalui oleh gerhana matahari.

“Sayang sekali, kejadian ini tidak dijadikan komoditas pariwisata oleh pemda.  Padahal kejadian ini sangat langka” ujar salah satu warga.

Harapannya, kedepan pihak pemerintah dapat mengakomodir kegiatan – kegiatan yang sifatnya massa dan merupakan peristiwa langka sebagai suatu kegiatan pariwisata, sehingga pariwisata di kota dabo khususnya dan kabupaten Lingga umumnya dapat terangkat.(Wy/Red)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.