Dinas Perikanan Lingga Berikan Bantuan Alat Tangkap Kepada KUB Nelayan di Lingga Timur

Lingga85 Views
banner 468x60

Selingga.com (20/11) Lingga. Dinas Perikanan Kabupaten Lingga menyerahkan bantuan alat tangkap kepada beberapa Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan yang ada di Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga. Penyerahan Bantuan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lingga Nomor: 571/KPTS/IX/2021 Tanggal 13 September 2021 tentang Daftar Nama Penerima Bantuan Sarana dan Prasarana Perikanan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021. Penyerahan bantuan berupa jaring bawal tersebut dilakukan pada Jumat (19/11) tadi di Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga.

Kadis Perikanan Kabupaten Lingga, Kasiman melalui Kabid Perikanan Tangkap, Said Andri yang saat itu didampingi oleh Kasi Sarana dan Prasarana, staf Bidang Perikanan Tangkap serta Tenaga Pendamping Lapangan mengatakan kalau 3 KUB (Kelompok Usaha Bersama) yang menerima bantuan saat itu masing-masingnya mendapatkan bantuan sebanyak 84 pieces jaring bawal.

“Bantuan tersebut diserahkan untuk 3 KUB, yaitu 2 KUB Desa Sungai Pinang dan 1 KUB Desa Kudung dengan masing-masing kelompok mendapatkan 84 pieces. Bantuan alat penangkapan ikan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021,” kata Said Andri.

Dinas Perikanan Lingga Berikan Bantuan Alat Tangkap Kepada KUB Nelayan di Lingga Timur. (Foto : istimewa)

Selain itu, dalam kesempatan yang ada, Said Andri beserta staf menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan KUB penerima bantuan terkait kendala dan keluhan yang dihadapi oleh nelayan selama mencari rezeki di laut. Apalagi di masa pandemi Covid-19, masyarakat nelayan tetap melakukan penangkapan ikan demi mencukupi keperluan hidup mereka.

“Harapan kami dari Dinas Perikanan Kabupaten Lingga, bantuan langsung masyarakat ini kiranya dapat dimanfaatkan, dirawat, dan diperbaiki apabila rusak. Selain itu juga agar dapat dikembangkan supaya berdaya guna dalam meningkatkan usaha perikanan yang pada akhirnya mampu untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi pelaku usaha perikanan di Kabupaten Lingga ini,” papar Said Andri.

Baca juga :   Disduk Capil Turun Kelapangan, Beri Pelayanan Akte Perkawinan Non Muslim

Said Andri menambahkan kalau sebelumnya pihak mereka juga telah memberikan bantuan pompong untuk nelayan yang berada di Desa Mensanak dan Desa Pulau Duyung.

“Selain jaring bawal, sebelumnya kami telah menyerahkan 6 unit pompong untuk KUB nelayan Desa Mensanak dan Desa Pulau Duyung yang diserahkan langsung oleh Bupati Lingga. Beberapa hari ke depan, kami akan menyerahkan alat penangkapan ikan berupa bubu kepiting, kawat bubu ikan, dan jaring insang tetap,” tambah Said Andri.

Dinas Perikanan Lingga Berikan Bantuan Alat Tangkap Kepada KUB Nelayan di Lingga Timur. (Foto : istimewa)

Dengan bantuan yang diterima saat itu, masyarakat nelayan penerima bantuan sangat berterima kasih kepada Dinas Perikanan, khususnya kepada Bupati Lingga yang tidak pernah berhenti berupaya membantu masyarakat, terutama nelayan dengan jalan memberikan bantuan dalam bentuk sarana dan prasarana seperti yang diserahkan saat ini. Bantuan tersebut juga sangat bermaanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan. Selain itu, bidang perikanan juga menjadi salah satu sektor prioritas Pemkab Lingga untuk terus dikembangkan serta diharapkan akan bisa memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat di masa mendatang. Pemkab Lingga juga diharapkan selalu dapat memberikan bantuan sejenis bagi pelaku usaha perikanan yang ada di Kabupaten Lingga ini. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *