Dinas Perikanan Lingga Serahkan Bantuan Pompong Kepada Kelompok Usaha Bersama Nelayan

Lingga100 Views
banner 468x60

Selingga.com (19/11) Lingga. Bupati Lingga, Muhammad Nizar bersama Dinas Perikanan Kabupaten Lingga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan pada Kamis (18/11/2021) lalu di Desa Pulau Duyung, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga.

Selain penyerahan bantuan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan berupa 6 buah pompong, dalam jalannya kegiatan hari itu juga dilakukan penyerahan bantuan beras kepada masyarakat setempat.

Kasiman selaku Kadis Perikanan dalam kesempatan yang ada mengatakan kalau tahun ini jumlah bantuan kapal yang telah diberikan oleh Pemkab Lingga melalui Dana Alokasi Khusus adalah sebanyak 6 unit pompong yang diperuntukan bagi 2 KUB Desa Mensanak sebanyak 4 unit dan 1 KUB Desa Pulau Duyung sebanyak 2 unit.

Dinas Perikanan Lingga Serahkan Bantuan Pompong Kepada Kelompok Usaha Bersama Nelayan. (Foto : istimewa)

“Untuk bidang perikanan tangkap, target produksi sekitar 36 ribu ton pada tahun 2021sudah tercapai. Semoga dengan adanya bantuan pompong ini, produksi perikanan tangkap kedepan bisa ditingkatkan,” kata Kasiman.

Terkait dengan nelayan yang tergabung di Kelompok Usaha Bersama, pihak Dinas Perikanan Kabupaten Lingga akan melakukan pembinaan terutama terkait dengan pengelolaan keuangan.

“Kita akan ubah cara manajemen keuangan mereka, dengan cara melakukan pencatatan utang piutang mereka kepada bapak angkat. Hal ini agar kedepannya tidak lagi ada ketergantungan secara turun temurun hingga ke anak cucu mereka,” kata Kasiman.

Selain itu, Kadis Perikanan Kabupaten Lingga ini juga menambahkan kalau para nelayan sudah bisa mengambil contoh dari KUB yang telah berhasil dibina seperti KUB Liang Buaya yang telah memiliki aset hingga ratusan juta dari hasil mandiri.

“Kita harapkan, nanti dari KUB Desa Pulau Duyung ini juga bisa menjadi KUB mandiri melalui pembinaan ini,” kata Kasiman.

Baca juga :   Inspektorat Daerah Kabupaten Lingga Gelar Pendampingan Pelaporan LHKPN

Sementara itu Bupati Lingga, Muhammad Nizar memberikan apresiasi kepada pihak Dinas Perikanan Kabupaten Lingga yang telah ikut menyukseskan KUB nelayan tersebut.

“Sebagai kepala daerah, saya sangat bangga dari apa yang telah dilakukan oleh Dinas Perikanan Lingga hari ini. Namun, tak harus berhenti dan puas disini saja, masih banyak PR yang harus kita tuntaskan kedepan,” kata Muhammad Nizar.

Dinas Perikanan Lingga Serahkan Bantuan Pompong Kepada Kelompok Usaha Bersama Nelayan. (Foto : istimewa)

Bupati Lingga ini juga berharap bantuan yang diberikan itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

“Saya berharap bantuan ini tidak sekedar hanya bantuan kemudian hilang begitu saja tanpa terlihat apa yang dihasilkannya. Karena sebelumnya sudah banyak bantuan, namun tidak berujung. Kita juga harus mulai memikirkan bagaimana nantinya kelompok-kelompok ini bisa mandiri, dan menciptakan target panen. Upaya kita tak hanya berhenti dari pemberian bantuan, namun lebih ke output dari bantuan tersebut,” kata Bupati Lingga. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *