Dinas Perpustakaan Dan Arsip Lingga, Gandeng KLL Dan Brigpol Angga, Kembangkan Minat Baca

0
Dinas Perpustakaan Dan Arsip Lingga, Gandeng KLL Dan Brigpol Angga, Kembangkan Minat Baca. (Foto:istimewa)

Selingga.com (10/08) Dabo. Untuk semakin menumbuhkembangkan minat baca di Kabupaten Lingga, pihak Perpustakaan Provinsi Kepulauan Riau yang berada di Jalan Kartini, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga pada Rabu (07/08) tadi, mengundang komunitas literasi yang ada di Dabo, salah satunya adalah Komunitas Literasi Lingga (KLL).

“Dalam pertemuan ini, kami selaku pengurus Komunitas Literasi Lingga diundang pihak Perpustakaan Provinsi Kepulauan Riau, Kabupaten Lingga untuk bersilaturahmi serta membicarakan upaya dalam pengembangan minat baca pelajar dan masyarakat Lingga,” kata Jerry Syahputra selaku Penasihat di Komunitas Literasi Lingga saat itu.

Dinas Perpustakaan Dan Arsip Lingga, Gandeng KLL Dan Brigpol Angga, Kembangkan Minat Baca. (Foto:istimewa)

Jerry mengatakan kalau di pertemuan tersebut, mereka menghasilkan beberapa kesepakatan terkait dengan peminjaman buku secara berkala.

“Antara KLL dengan pihak perpustakaan saat itu, menghasilkan beberapa kesepakatan, seperti dalam waktu dekat ini, KLL akan melakukan MoU peminjaman buku secara berkala sebagai penambah buku-buku KLL, saat buka lapak bacaan nantinya. Kedua, kesepakatan permohonan, agar mobil pustaka berjalan yang selama ini hanya beroperasi di Daik, dapat juga beroperasi di Dabo Singkep karena di Dabo Singkep juga banyak daerah pesisir yang harus disediakan atau difasilitasi dalam upaya menarik minat baca atau literasinya. Ketiga, kami juga menyepakati akan selalu bekerja sama dan bergandeng dengan dinas terkait dalam melakukan kegiatan-kegiatan literasi, seperti buka lapak bacaan dan mengadakan berbagai perlombaan yang tujuannya sebagai stimulus minat baca,” papar Jerry kepada Selingga.com.

Dinas Perpustakaan Dan Arsip Lingga, Gandeng KLL Dan Brigpol Angga, Kembangkan Minat Baca. (Foto:istimewa)

Sedangkan dari pihak Dinas Perpustakaan Provinsi Kepulauan Riau melalui sekretarisnya, Sumarniati, saat itu, mengatakan kalau mereka juga mempunyai kegiatan yang lainnya, terkait dengan pengembangan minat baca.

“Kalau kegiatan kita yang lainnya adalah pengembangan minat baca. Jadi, kita pinjamkan buku-buku yang ada, tetapi ada berita acaranya. Di Rutan ada kami pinjamkan, dan di komunitas-komunitas seperti komunitas Suku Laut. Jadi, sistem kita jemput bola ke mana-mana,” kata Sumarniati selaku Sekretaris Perpustakaan Provinsi Kepulauan Riau saat berjalannya silaturahmi tersebut.

Jerry Syahputra selaku Penasihat di Komunitas Literasi Lingga dan Kabid Pengelolaan, Layanan, dan Pembinaan Perpustakaan, Beby Susanti. (Foto:istimewa)

Selain dari Komunitas Literasi Lingga (KLL), dari pihak Polres Lingga melalui Binmasnya, hadir Brigadir Polisi Angga dengan Puspa (Pustaka Polres Lingga)nya. Dengan kendaraan roda dua yang sudah dimodifikasi untuk membawa sejumlah buku bacaan, Brigpol Angga aktif turun ke beberapa tempat yang ada di Pulau Singkep itu.

“Brigpol Angga ini sudah lama bekerja sama dengan kami. Dengan motor itu, dia dapat keliling-keliling dan kami pun terbantu juga,” tambah Sumarniati yang saat itu didampingi oleh Kabid Pengelolaan, Layanan, dan Pembinaan Perpustakaan, Beby Susanti.

Jerry Syahputra selaku Penasihat di Komunitas Literasi Lingga dan Brigpol Angga, Kembangkan Minat Baca. (Foto:istimewa)

Sedangkan Brigadir Polisi Angga yang bertugas di Binmas Polres Lingga mengatakan kalau dirinya berusaha untuk mencari tambahan buku bacaan melalui kenalannya.

“Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat. Saya pun mencoba untuk mencari bantuan buku, lewat kenalan. Insya Allah berhasil,” kata Brigpol Angga.(Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan