Dinas Perpustakaan dan Arsip Lingga Gelar Perpustakaan Keliling

Lingga549 Views
banner 468x60

Selingga.com (03/12) Dabo. Memanfaatkan momen peringatan HUT ke-11 Kelurahan Sungai Lumpur, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga tahun ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lingga menggelar perpustakaan keliling di lokasi kelurahan tersebut. Kegiatan perpustakaan keliling memanfaatkan halaman Kelurahan Sungai Lumpur yang sedang menggelar kegiatan senam sehat pada Sabtu (02/12) tadi. Pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lingga ini juga memberikan door price dalam bentuk buku kepada pembaca hari itu.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lingga, Said Rudifallo mengatakan kalau kegiatan perpustakaan keliling tersebut untuk menyosialisasikan minat baca hingga ke tingkat masyarakat.

“Menunjang kegiatan hari jadi ke-11 Kelurahan Sungai Lumpur, kemudian sambil menyosialisasikan Perpustakaan Kabupaten Lingga hingga ke tingkat masyarakat ,” kata Said Rudifallo.

Said Rudifallo berharap dengan digelarnya kegiatan tersebut masyarakat lebih mengenal lagi keberadaan perpustakaan keliling ini.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lingga, Said Rudifallo

“Untuk perpustakaan ini, mudah-mudahan dikenal oleh masyarakat, tidak hanya di Kelurahan Sungai Lumpur ini, bahkan untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Lingga,” kata Said Rudifallo.

Said Rudifallo juga menambahkan kalau perpustakaan keliling merupakan ujung tombak dalam menyosialisasikan minat baca kepada masyarakat.

“Yang jelas perpustakaan ini ujung tombaknya adalah perpustakaan keliling dalam rangka menyosialisasikan bagaimana kegiatan-kegiatan minat baca dan literasi di Kabupaten Lingga ini dapat berkembang,” jelas Said Rudifallo.

Hal tersebut terkait juga dengan akan dibangunkannya perpustakaan umum daerah pada 2025 mendatang.

“Kemudian dalam rangka menyongsong tahun depan yang insya Allah, kita akan dibangunkan sebuah gedung perpustakaan umum daerah di Kabupaten Lingga. Sehingga pada saat gedung ini sudah berdiri dan diresmikan yang direncanakan pada 2025 nanti, pada saat pelayanan perpustakaan keliling, perpustakaan umum daerah ini sudah dikenal secara luas,” papar Said Rudifallo.

Baca juga :   Beracun atau tidak,rumput di Pulau Bakung akan dianalisa Tim dari UGM

Disinggung terkait dengan minat baca masyarakat selama ini, Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lingga ini mengatakan kalau hal tersebut masih kurang.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Lingga Gelar Perpustakaan Keliling

“Memang saat ini masih perlu kita sosialisasi, mengingat ini masih kurang. Oleh sebab itu tugas kami dan kita semua, bagaimana nantinya dapat menarik minat baca, bukan hanya di kalangan sekolah saja melainkan juga di tingkat seluruh masyarakat. Karena pustaka daerah ini, kan milik masyarakat, bukan milik kita saja, bukan untuk tingkat sekolah saja atau pegawai, melainkan di seluruh tingkat masyarakat di Kabupaten Lingga,” jelas Said Rudifallo.

Sementara itu perpustakaaan kelilling adalah bagian dari perpustakaan umum yang melayani pemustaka dengan menggunakan kendaraan. Perpustakaan keliling berfungsi melayani masyarakat membaca. Sedangkan tujuan dari layanan perpustakaan keliling adalah:

1. Bentuk promosi dari perpustakaan daerah.
2. Membantu perpustakaan umum mengembangkan pendidikan nonformal.
3. Memperkenalkan buku-buku kepada masyarakat.
4. Mampu menarik dan meningkatkan kunjungan masyarakat.
5. Meningkatkan minat dan baca dalam rangka cinta akan buku.

Layanan perpustakaan ini dilakukan setiap tahun dan bekerja sama dengan perpustakaan kelurahan, desa, dan sekolah. Untuk peningkatan literasi, perpustakaan berinisiasi mengirimkan surat. Jika pihak perpustakaan kelurahan, desa, dan sekolah menginginkan, bisa menghubungi narahubung yang ada di surat tersebut. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *