Disnaker Lingga Gelar Pelatihan Keterampilan Service AC

Lingga62 Views
banner 468x60

Selingga.com (15/11) Dabo. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga menggelar Pelatihan Keterampilan Service AC bagi pencari kerja. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Asisten II Pemkab Lingga, Yusrizal pada Senin (15/11) tadi di ruang serba guna One Hotel, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Plt. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga, Sabirin melalui Kabid Ketenagakerjaan, Ardiansyah usai kegiatan mengatakan kalau diambilnya pelatihan AC tersebut dikarenakan saat ini masih kurangnya teknisi AC yang ada di Kabupaten Lingga.

“Di Kabupaten Lingga, khususnya untuk AC, teknisinya sangat kurang. Jadi dengan dasar itu, kita membuat pelatihan service AC untuk tahun ini,” kata Ardiansyah.

Sedangkan dalam pelatihan tersebut mencakup pemasangan hingga perawatan AC.

“Service AC itu meliputi pemasangan, perbaikan, serta perawatannya. Adapun peserta yang ikut dalam pelatihan ini adalah peserta dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga,” jelas Ardiansyah.

Kabid Ketenagakerjaan, Ardiansyah

Ardiansyah mengharapkan dari kegiatan yang digelar selama 2 minggu itu, para pemuda yang mengikuti jalannya pelatihan tersebut nantinya bisa membuka peluang usaha bagi mereka sendiri.

“Jadi pemuda-pemuda atau pencari kerja, kita berikan skil pelatihan supaya mereka bisa berwirausaha dan membuka sendiri. Pelatihan ini kita agendakan selama 14 hari. Ke depannya kita ada beberapa wacana seperti pelatihan las, namun kita melihat dulu anggarannya,” kata Ardiansyah.

Selain itu, Kabid Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga ini juga menambahkan kalau peserta pelatihan tersebut juga diberikan bantuan alat-alat yang diperlukan untuk perbaikan AC.

“Para peserta ini setelah diberikan pelatihan, tetap kita bina, kita pantau. Kemudian dalam pelaksanaan pelatihan ini peserta kita fasilitasi dengan alat-alat yang diperlukan mereka untuk perbaikan AC. Sehingga setelah pelatihan ini mereka bisa langsung praktik ke lapangan. Kita berikan secara gratis,” jelas Ardiansyah.

Baca juga :   Ketua KONI Lingga Tutup Turnamen Sungai Lumpur Cup

Hal tersebut dilakukan agar para peserta tetap bisa melaksanakan pekerjaan service AC setelah mengikuti pelatihan tersebut.

“Ini jangan sampai peserta yang sudah kita latih, tetapi mereka tidak bisa berbuat dikarenakan tidak dilengkapi dengan alat-alat untuk membantu dalam pelaksanaan service AC itu,” kata Ardiansyah.

Sementara itu, Asisten II Pemkab Lingga, Yusrzal dalam sambutannya saat itu meminta para peserta pelatihan bisa meningkatkan keterampilan agar mudah untuk membuka usaha sendiri.

Disnaker Lingga Gelar Pelatihan Keterampilan Service AC

“Kepada para peserta pelatihan, saya berpesan belajarlah dengan sungguh-sungguh, seraplah ilmu sebanyak-banyaknya dari para narasumber atau instruktur. Tingkatkan kualitas keterampilan yang saudara miliki agar nantinya dapat memperoleh pekerjaan atau bahkan dengan membuka usaha sendiri,” kata Yusrizal.

Sebelumnya Yusrizal mengatakan kalau peningkatan keterampilan adalah hal yang penting untuk peningkatan kualitas SDM yang ada.

“Peningkatan keterampilan bagi pencari kerja ini memiliki arti yang sangat penting bagi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang maju, mandiri, profesional, dan kompetitif terhadap perkembangan zaman,” kata Yusrizal dalam sambutannya saat itu. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *