DPRD Lingga Datangi Diskominfo Tanjungpinang

DPRD Lingga Datangi Diskominfo Tanjungpinang. (Foto: Humas Pemkab Lingga)

Selingga.com (16/01) Tanjungpinang. Diskominfo Kota Tanjungpinang mendapat kunjungan “Wakil Rakyat” dari Lingga pada Rabu (15/01) tadi. Kunjungan Wakil Ketua II DPRD Lingga beserta Komisi II dan I ini dalam rangka penguatan fungsi OPD Kominfo Lingga itu, diterima langsung oleh Kadis Kominfo Kota Tanjungpinang, H. Abdul Kadir Ibrahim.
“Kunjungan kami bertujuan untuk menjalin silaturahmi, serta studi banding dalam rangka penguatan fungsi dan tata kelola teknologi informatika pada OPD yang menjadi mitra bagi komisi II,” kata Wakil Ketua II DPRD kabupaten Lingga, Salmizi, S.T.
Selain Salmizi, Ketua Komisi II DPRD Lingga, H. Syamsirwan menambahkan kalau kunjungan yang ada juga terkait dengan pengesahan Peraturan Daerah tentang SOTK baru-baru ini yang di dalamnya juga termasuk terbentuknya Dinas Kominfo dengan Tipelogi B yang terdiri dari 2 bidang dan 6 subbidang.

“Untuk itu perlulah kiranya kami mendapatkan informasi dan masukan yang maksimal, terkait tugas dan fungsi masing-masing yang ada dalam struktur, serta kebutuhan pendukung, guna memaksimalkan kinerja OPD mitra kami ke depan,” kata H. Syamsirwan.
Sementara itu, Kadis Kominfo Kota Tanjungpinang, H. Abdul Kadir Ibrahim yang saat itu didampingi oleh Sekretaris Diskominfo, Soemantri, Kabid Teknologi Komunikasi, Kabid Humas, dan Kabid Persandian dan Statistik, mengatakan kalau dengan terbentuknya Diskominfo, seluruh fungsi kehumasan akan berada di bawahnya.
“Jangan sampai terjadi tumpang tindih fungsi dan kewenangan. Harus tegas dalam membagi tugas dan kewenangan karena dengan terbentuknya Diskominfo berarti seluruh fungsi kehumasan akan berada di bawah Diskominfo, termasuk kemitraan dengan media massa. Bahkan Kominfo akan menjadi wali data yang menjalin kemitraan dengan BPS, BIG, mengaman data serta aplikasi informatika yang ada di daerah. Semoga OPD yang fungsinya dan kewenangannya yang berpindah ke Kominfo memahami hal ini,” kata H. Abdul Kadir Ibrahim saat itu.
Selain Kadis Kominfo Kota Tanjungpinang, Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasinya menambahkan kalau harus mampu menghimpun seluruh server yang ada di masing-masing OPD yang nantinya berada di media center. Selain itu, juga menyiapkan Renstra serta Roadmap yang terkait dengan Kominfo.
Sedangkan Kabag Kominfo dan Humas Lingga, Jumadi, mengatakan kalau penyiapan Bank Data akan diawali dengan penyesuaian sistim infrastruktur yang sudah ada.
“Alhamdulillah, usaha untuk menyiapkan Bank Data serta mengintegrasi seluruh aplikasi yang ada di OPD akan kami awali dengan menyesuaikan sistem infrastruktur yang sudah ada, serta menyiapkan website pada seluruh OPD hingga tingkat desa, guna penerapan keterbukaan informasi publik,” kata Jumadi. (Rilis).

Read Previous

Rapat Persiapan, Menuju MTQ VII Tingkat Kabupaten Lingga

Read Next

Serahkan DPA, Alias Wello Minta Pejabat Hati-Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *