Gatal Tak Kunjung Sembuh, Rosmani Rebus Kulit Pohon Ketapang

0
Rosmani saat mengambil Kulit Pohon Ketapang

Selingga.com (07/07) Dabo. Bernama latin ‘Terminalia Catappa’, pohon yang lebih dikenal dengan nama Pohon Ketapang ini, selain sering dijumpai menjadi pohon peneduh di jalanan pinggiran pantai, juga dipercaya sebagian warga, bisa untuk bahan pengobatan. Salah seorang warga yang tinggal di Kelurahan Dabo Lama, Kecamatan Dabo Kabupaten Lingga, Rosmani (50), mengaku kalau kulit pohon ketapang tersebut, manjur untuk pengobatan gatal-gatal pada kulit.

Rosmani

“Ini untuk obat gatal-gatal kulit. Kulit Pohon Ketapang ini direbus di dalam periuk, nanti airnya berubah warna menjadi merah. Setelah airnya hangat-hangat kuku, dimandikan, disiram ke badan. Kalau cuma kaki, direndam saja bagian yang gatalnya,” kata Rosmani (50), saat ditemui Selingga.com sedang mengambil kulit Pohon Ketapang pada Minggu (07/07) tadi di pinggir jalan Batu Berdaun, Dabo.

Awalnya Rosmani mengaku, kalau dirinya hanya mencoba-coba memakai kulit Pohon Ketapang untuk mengobati gatal yang diderita suami dan anaknya, setelah sebelumnya tidak sembuh melalui pengobatan medis.

Rosmani saat mengambil Kulit Pohon Ketapang

“Kami coba-coba. Sebelumnya anak saya sudah puas berobat ke rumah sakit, berobat kemana-mana, sampai ke Tanjung Pinang, tidak ada (sembuh -red). Sebelumnya juga sampai minta sembur, jampi-jampi, tapi tidak sembuh juga. Saya coba rendamkan kaki anak saya dengan air rebusan kulit ketapang ini, bagus, cocok,” kata Rosmani.

Tidak hanya sebatas keluarganya saja, beberapa tetangga pun meminta tolong Rosmani untuk menyembuhkan penyakit gatal mereka.

Rosmani saat mengambil Kulit Pohon Ketapang

“Ini saya ambilkan untuk orang. Saya sudah banyak kali mengambilkan untuk orang minta tolong. Melihat seorang jadi baik penyakit gatalnya, yang lain minta tolong juga. Tetangga dekat kami, saya coba rendamkan sedikit, habis gatalnya, jadi lincin kulitnya,” tambah Rosmani.(Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.