"Janda Berjodoh" ramaikan B2SA di Gedung Nasional

Selingga.com (19/07) Dabo.Sosialisasi dalam bentuk Lomba Cipta Menu “Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)” berbasiskan sumber daya lokal,dilakukan oleh pihak Tim Penggerak PKK Kabupaten Lingga bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga.
“Ini lomba cipta menu B2SA.Makanannya bergizi,berimbang,sehat dan aman.Ini diselenggarakan oleh pihak PKK Kabupaten,lokasinya saja diwilayah kita di Kecamatan Singkep.Dan ini menjadi agenda tahunan juga.Pemenangnya nanti akan mewakili ke Provinsi.” Kata Camat Singkep Julita kepada Selingga.com di sela-sela acara saat itu.

Acara yang diselenggarakan di Gedung Nasional pada Kamis (19/07) tadi dan diikuti oleh 8 Kecamatan itu,bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan B2SA dan juga untuk mendorong serta meningkatkan kreatifitas masyarakat terjadap menu B2SA yang bersumberkan pada bahan lokal.Disamping itu juga sebagai upaya untuk membangun keluarga agar mengkonsumsi aneka ragam jenis pangan dengan porsi yang seimbang.
Ketua PKK Kabupaten Lingga Hj.Heryulita Alias Wello dalam sambutannya saat itu,mengatakan kalau kegaiatan yang juga sebagai upaya untuk mengurangi konsumsi terhadap beras dan terigu saat ini.

Ketua PKK Kabupaten Lingga Hj.Heryulita Alias Wello

“Saat ini sumber bahan pangan pokok kita masih bergantung kepada beras dan terigu,sehingga pada kondisi tertentu negara kita masih mengimport produk tersebut dari negara lain.Untuk mengurangi konsumsi beras dan terigu,perlu di lakukan upaya pengembangan sumber daya pangan lokal kita seperti sagu,jagung,ubi kayu,ubi jalar,pisang,talas,sukun dan lain-lain,yang keberadaannya ada disekitar kita dengan jumlahnya yang sangat berlimpah.Akan tetapi keberadaan komoditas tersebut masih dipandang sebelah mata,sehingga kurang perhatian dan kurang di perhatikan.” Kata Hj.Heryulita Alias Wello saat itu.

Untuk penetapan pemenang lomba,pihak panitia yang diketuai oleh Romel Pariawan menetapkan kriteria penilaian meliputi keseimbangan menu,keanekaragaman jenis pangan,kreativitas pengembangan resep dan aplikatif,cita rasa,tampilan,penyajian dan keamanan pangan.Selain itu juga,selain piala,peserta pun akan mendapatkan uang pembinaan.
Salah satu peserta dari Kecamatan Lingga Timur,dengan olahan berbahan sagu dan ubi,menampilkan salah satu menu andalan mereka berupa “Janda Berjodoh” dan “Gubal Telor Ombak Utara”.

“Semua menu disini diolah dari sagu dan ubi.Inikan dari non-beras bang.Kita buat untuk menu sarapan,menu siang dan menu malam.” Kata salah satu peserta dari Kecamatan Lingga Timur kepada Selingga.com saat itu.(Im).

Read Previous

Kontingen Natuna dan Anambas,pastikan diri sampai duluan

Read Next

Alasan bisa nambah "semangat juang",Safar gandeng KNPI Lingga keluar masuk sekolah.Terus bawa pengeras suara ke jalan-jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *