Junaidi Adjam Sidak Tambang Timah Ilegal

Singkep104 Views
banner 468x60

Selingga.com(07/06) Dabo. Menanggapi berita yang diterbitkan selingga.com tentang “Babak Baru Sang Toke Timah”,Junaidi adjam selaku Kepala BLH (badan lingkungan hidup) didampingi oleh Camat Singkep kisan jaya, Kusdinata selaku Kabid Kehutanan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lingga dan beberapa staff dari dinas perizinan melakukan sidak langsung kelokasi tambang liar yang berada kedaerah gunung muncung Desa Batu Berdaun.
Setibanya dilokasi tambang tersebut tepatnya jam 11.00 siang aktifitas penambangan sedang berlangsung. Pekerja tambang yang berjumlah sekitar 8 orang terlihat tidak terkejut dengan rombongan tim sidak seolah-olah hal yang dilakukan wajar-wajar saja,bukan lah pekerjaan yang melanggar hukum.
WP_20160607_019
Kusnadinata yang saat itu berbekal GPS langsung mengecek apakah koordinat/lokasi tambang tersebut memasuki wilayah hutan lindung,dan setelah dicek ternyata lokasi tersebut tidaklah masuk wilayah hutan lindung. “Walaupun tidak termasuk wilayah hutan lindung tapi dari segi aspek kaji lingkungan (pencemaran) tambang ini bermasalah” terang ikus sapaan akrab Kusnadinata.

Rombongan saat dilokasi
Rombongan saat dilokasi

Akhirnya junaidi adjam berserta rombongan berdialog bersama pekerja,menayakan siapa Toke yang mempunyai tambang tersebut. Menurut keterangan mandor nya yang bernama Sanusi Tokenya bernama Asin warga Kampung Baru,dan tanah yang dijadikan lokasi tambang timah tersebut merupakan tanah pribadi sang toke yang sebelumnya merupakan kebun pisang. Dengan sistem bagi hasil antara toke dan pekerja dan sudah beroperasi selama 2 bulan.
Kepala BLH, Junaidi Adjam
Kepala BLH, Junaidi Adjam

Junaidi adjam menyampakan ke selingga.com “ini sangat disayangkan dari alam yang dirusak hanya untuk kepentingan pribadi,langsung dieksekusi saja biar timbul efek jera,karena tambang tersebut pastilah tidak memiliki izin,belum lagi para pekerja yang pasti tidaklah mempunyai asuransi keselamatan kerja”.
Camat Singkep, Kisan Jaya pada kesempatan yang sama mengatakan “jika terjadi kecelakaan kerja pastinya toke tambang lepas tangan,apalagi saat berurasan dengan pihak berwajib pastilah yang terkena jeratan hukum para pekerja ini”.Dan ini bukanlah satu-satunya tambang timah ilegal yang sedang beroperasi saat ini,hari itu juga rombongan sidak ke tambang timah ilegal yang berlokasi di Desa Batu Berdaun.(Fr)

banner 325x300
Baca juga :   Menuju Festival Teater Islam Dunia Bersama Yayasan Abdurrab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *