Kapal Ferry Batam Lingga Sering Rusak, Ketua DPRD Lingga Minta Dishub Cari Solusi

Lingga238 Views
banner 468x60

Selingga.com (24/04) Dabo. Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashiruddin minta operator kapal ferry angkut penumpang yang melayani masyarakat Kabupaten Lingga trayek Lingga – Batam, untuk menggantikan kapal yang digunakan saat ini, sebab kapal ferry tersebut sering mengalami kerusakan mesin dan dikeluhkan oleh masyarakat.

Belum lama ini kapal ferry trayek Batam – Lingga itu mengalami kerusakan pada mesinnya sehingga membuat penumpang dari Batam tujuan ke Lingga harus berpindah kapal dan menimbulkan kekecewaan masyarakat.

“Kapal Putra Maju sering dikeluhkan oleh masyarakat karena seringnya kapal itu rusak, baik mau berangkat ataupun ditengah perjalanan. Hal ini tentunya membuat masyarakat tidak nyaman,” kata Ahmad Nashiruddin kepada pihak media, Minggu (24/04/2022)

Terkait keluhan dan ketidaknyamanan masyarakat dalam mendapatkan layanan transportasi laut tersebut, Ketua DPRD Lingga ini meminta pihak operator dan Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga untuk segera mencarikan solusi dan memberikan pelayanan yang nyaman pada masyarakat khususnya pengguna layanan transportasi laut tersebut.

“Kita minta dinas terkait untuk segera menyurati operator kapal itu untuk segera mengganti kapal itu dengan kapal yang lain, dan melakukan koordinasi untuk antisipasi lonjakan penumpang, harus siap armada tambahan,” kata Ahmad Nashiruddin.

Ditegaskan Ketua DPRD Kabupaten Lingga hal tersebut penting dan harus disegerakan untuk dilakukan upaya koordinasi dan antisipasi oleh pihak operator kapal maupun dinas terkait mengingat saat ini sudah memasuki penghujung ramadhan dan telah mendekati lebaran Idul Fitri, yang mana prediksi Ahmad Nashiruddin akan terjadi lonjakan penumpang.

“Apalagi saat ini menjelang lebaran, tentu penumpang sudah mulai melonjak, ini sudah menghitung hari menjelang lebaran. Kalau ini tidak disegerakan dan dicarikan solusi maka akan menimbulkan kekecewaan masyarakat,” ujar Ahmad Nashiruddin.

Baca juga :   KPU Lingga laporkan FB "MD",AKP Suharnoko lakukan penyelidikan

Terkait hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga Hendry Efrizal mengaku telah melakukan tindakan yakni meminta pada pihak operator kapal ferry khususnya Lingga – Batam untuk segera melakukan pembenahan dalam menyediakan fasilitas kapal yang layak untuk melayani masyarakat Kabupaten Lingga.

“Kita telah meminta pada pihak operator untuk segera melakukan pembenahan dan serius menanggapi hal ini. Saya berharap keseriusan dari semua operator kapal untuk benar-benar melayani dengan sungguh-sungguh tidak alakadarnya,” kata Hendry saat dihubungi pihak media.

Selain itu, Hendry juga akan menyurati dan berkomunikasi pada pihak Dinas Perhubungan Provinsi Kepri untuk dapat segera melakukan tindakan terhadap operator kapal yang pelayanannya kurang maksimal dan meminta untuk melakukan penambahan armada Batam – Lingga.

Sebagai pelayan masyarakat, tentunya Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga akan memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat sesuai dengan kewenangan, dijelaskan Hendry untuk kewenangan trayek kapal antar kabupaten seperti Batam – Lingga merupakan wewenang Dinas Perhubungan Provinsi Kepri.

“Kami Dishub Lingga terus berusaha memberikan yang terbaik, sesuai dengan kewenangan kami. Kewenangan kami hanya sebatas mengatur trayek antar pulau dalam Kabupaten Lingga saja. Untuk kewenangan antar kabupaten itu wewenang provinsi” kata Hendry

Ditambahkan Hendry, terkait dengan pelayanan transportasi laut yang kurang maksimal dan menimbulkan kekecewaan masyarakat khususnya trayek Batam – Lingga pihaknya juga akan melakukan koordinasi dan komunikasi pada legislatif dalam mengupayakan transportasi laut khususnya untuk selalu dalam keadaan kondusif dan ketersedian kapal bagi masyarakat Kabupaten Lingga.(red)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *