Kondisi Terkini Covid-19 di Kecamatan Singkep Dipaparkan dalam Lokakarya Mini IV Puskesmas Dabo Lama

Lingga67 Views
banner 468x60

Selingga.com (30/11) Dabo. Puskesmas Dabo Lama, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, menggelar Lokakarya Mini IV pada Senin (30/11) tadi. Kegiatan yang diadakan di ruangan serbaguna One Hotel, Dabo, saat itu diikuti oleh pihak Kecamatan Singkep, perwakilan TNI-Polri, dan beberapa pihak yang terkait. Kepala Puskesmas Dabo Lama, dr. Yan Cahyadi Anas, mengatakan kalau dalam jalannya kegiatan yang ada tersebut memaparkan kondisi terakhir pandemik Covid-19 dan juga terkait dengan adanya pasien terkonfirmasi sebelumnya yang akan selesai masa isolasinya.

“Kegiatan hari ini adalah lintas sektor lokakarya mini Puskesmas Dabo Lama Kecamatan Singkep yang ke-4. Kegiatannya menyampaikan tentang kondisi terkini Covid-19 di Kecamatan Singkep, di mana kita punya pasien terkonfirmasi, kemudian pasien kontak erat yang akan selesai masa isolasi dalam beberapa hari lagi,” kata dr. Yan Cahyadi Anas.

Kepala Puskesmas Dabo Lama, dr. Yan Cahyadi Anas

Terkait dengan pasien yang melakukan isolasi mandiri saat ini, dr. Yan Cahyadi Anas berharap pihak terkait bisa ikut membantu pengawasan terhadap pasien.

“Dalam isolasi mandiri di rumah ini, ada beberapa kendala, yaitu ada ketidakdisiplinan dari pasien. Kita sangat memohon agar dibantu. Harapan kami dari pihak warga dan pemangku kepentingan di kelurahan dan desa agar ikut membantu mengawasi proses isolasi mandiri ini,” kata dr. Yan Cahyadi Anas.

Kepala Puskesmas Dabo Lama ini menambahkan kalau isolasi mandiri terhadap pasien terkonfirmasi tersebut merupakan salah satu upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Kondisi Terkini Covid-19 di Kecamatan Singkep Dipaparkan dalam Lokakarya Mini IV Puskesmas Dabo Lama

“Proses isolasi mandiri ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Karena dalam masa isolasi ini, seharusnya pasien-pasien ini harus tetap berada di rumah. Sehingga mereka tidak ada melakukan kontak fisik dengan orang-orang yang sehat. Sehingga virusnya bisa kita lokalisir pada pasien itu saja,” terang dr. Yan Cahyadi Anas.

dr. Yan Cahyadi Anas tetap menegaskan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-harinya.

“Harapan kami ke depan dalam menghadapi pandemik yang belum jelas kapan berakhirnya ini, kita semua harus selalu menerapkan protokol kesehatan, selalu pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun,” kata dr. Yan Cahyadi Anas.

Selain itu, Kepala Pusmesmas Dabo Lama ini juga menyampaikan kalau pihaknya sangat berharap vaksinasi Covid-19 dapat segera dilaksanakan.

“Satu hal yang paling penting, salah satu harapan kita yang bisa dilaksanakan secepatnya adalah vaksinasi Covid-19. Dalam rencana kami bersama tim kesehatan pada Januari tahun 2021 nanti, vaksin Covid-19 sudah mulai diberikan untuk usia 19-59 tahun. Prioritas utamanya akan diberikan untuk tenaga kesehatan, TNI-Polri, kemudian para pelaku pelayanan publik di bandara, pelabuhan, ataupun tempat-tempat umum lainnya,” terang dr. Yan Cahyadi Anas.

Kondisi Terkini Covid-19 di Kecamatan Singkep Dipaparkan dalam Lokakarya Mini IV Puskesmas Dabo Lama

Terakhir, dr. Yan Cahyadi Anas berharap kalau dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 nantinya bisa selesai dalam waktu yang tidak begitu lama, sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti semula.

“Kami berharap ini bisa selesai dalam waktu secepatnya agar kita bisa mencapai kekebalan kelompok di Kecamatan Singkep ini dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jadi, agar masyarakat bisa beraktivitas normal seperti biasa,” kata dr. Yan Cahyadi Anas. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *