Pakaian Adat Meriahkan Pelaksanaan Upacara HUT ke-78 di SMA Negeri 2 Singkep

Singkep223 Views
banner 468x60

Selingga.com (18/08) Dabo. Memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia, keluarga besar SMA Negeri 2 Singkep menyelenggarakan upacara bendera di lapangan upacara SMA Negeri 2 Singkep pada Kamis, 17 Agustus 2023. Peserta upacara adalah seluruh peserta didik, guru, dan staf TU SMA Negeri 2 Singkep yang tidak turut serta upacara di Lapangan Merdeka Dabo yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga.

Kepala SMA Negeri 2 Singkep, Kabupaten Lingga, Frans Edwinata usai pelaksanaan upacara hari itu mengatakan kalau diselenggarakannya upacara peringatan HUT ke-78 RI di lingkungan sekolah mereka adalah sesuai dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

“Kami dari keluarga besar SMA Negeri 2 Singkep pada hari ini melaksanakan kegiatan upacara bendera dalam rangka HUT RI. Kami melaksanakan ini berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, yaitu harus melaksanakan upacara bendera di masing-masing Satuan Pendidikan,” kata Frans Edwinata.

Pakaian Adat Meriahkan Pelaksanaan Upacara HUT ke-78 di SMA Negeri 2 Singkep.(foto : istimewa)

Ada yang berbeda dengan tampilan para guru dan staf TU SMA Negeri 2 Singkep pada upacara ini. Semua guru dan staf TU mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Ada yang berpakaian Melayu, Jawa, Sunda, Bali, Batak, Betawi, Bodo (Sulawesi), dan sebagainya.

“Alhamdulillah di SMA Negeri 2 Singkep, partisipasi guru dan peserta didik sangat luar biasa, guru-guru pada hari ini berpakaian adat dari daerah-daerah yang ada di nusantara,” kata Frans Edwinata.

Dengan digelarnya upacara dalam memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia itu, Frans Edwinata berharap bisa semakin menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan mereka.

“Harapan kami dengan pelaksanaan upacara ini, bisa membuat semangat nasionalisme dari keluarga besar SMA Negeri 2 Singkep semakin tinggi,” kata Frans Edwinata.

Pakaian Adat Meriahkan Pelaksanaan Upacara HUT ke-78 di SMA Negeri 2 Singkep.(foto : istimewa)

Petugas upacara selain dari peserta didik, ada juga guru yang terlibat di dalamnya, seperti pembawa acara, pembaca UUD 1945, pembaca doa, pembawa teks Pancasila, dan pembaca Proklamasi Kemerdekaan. Sedangkan petugas bendera adalah peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler Pasus (Pasukan Khusus) dan pemimpin upacara adalah peserta didik yang  menjadi Pradana putra dari pangkalan Pramuka SMA Negeri 2 Singkep.

Baca juga :   Bripka Doni Permana : "Budidaya Tanaman Hydroponic Selain Sehat Dapat Menambah Penghasilan"

Seperti diketahui sebelumnya, sesuai dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Nomor B/017.1/10/DISDIK/2023 tentang Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI untuk dilaksanakan di Satuan Pendidikan masing-masing. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *