PDBI Lingga Dulang Prestasi, Juara I Paramanandi Divisi Umum di Ajang Batam Open Marching Band Champhionship 2019

0
Baru Terbentuk, PDBI Lingga "Dulang Prestasi" di Ajang Batam Open Marching Band Champhionship Tahun 2019

Selingga.com (13/10) Batam. Meski baru terbentuk sejak 15 September 2019 lalu dan durasi latihan hanya satu bulan lebih yang dijalani sebelumnya, Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Lingga melalui Marching Band Gita Thata Citra Kencananya, berhasil mengambil posisi juara di Kejuaraan Batam Open Marching Band Champhionship Tahun 2019 yang dibuka pada Kamis (10/10) lalu dan ditutup pada Minggu (13/10) tadi di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Batam, Kepri.

PDBI Kabupaten Lingga berhasil meraih posisi ke-3 untuk kategori Display Divisi Umum. Tidak hanya itu, Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Lingga ini terus melaju dan berhasil berada di posisi ke-3 untuk kategori Gitapati Divisi Umum. Itu juga bukan pencapaian terakhir, Marching Band Gita Thata Citra Kencana ini, melalui mayoretnya, marching band dari PDBI Lingga ini juga berhasil memegang tampuk juara pertama untuk kategori Paramanandi Divisi Umum di kejuaraan tersebut.

Ketua PDBI Kabupaten Lingga, Rony Kurniawan

“Alhamdulillah, hari ini (Minggu, 13/10) PDBI Kabupaten Lingga meraih 3 piala, Display Divisi Umum juara III, Gitapati Divisi Umum juara III, dan Paramanandi Divisi Umum juara I. Alhamdulillah PDBI Kabupaten Lingga telah memberikan yang terbaik dan kami sudah berusaha optimal buat memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Lingga. Semoga PDBI Kabupaten Lingga semakin jaya,” kata Ketua PDBI Kabupaten Lingga, Rony Kurniawan kepada pihak media, Minggu (13/10) tadi di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau.

Rony juga mengatakan, kalau selepas turnamen tersebut, pihaknya akan mengadakan evaluasi dan koordinasi terkait dengan PDBI Kabupaten Lingga itu.

“Ke depannya, pulang dari sini, kita minta pelatih-pelatih untuk mengevaluasi lagi melalui rapat koordinasi yang ada, terkait PDBI, supaya masuk ke sekolah-sekolah. Jadi, kita akan review lagi anak-anak kita, untuk diambil bibit-bibit baru lagi, anak-anak dari kelas II SMP, kelas III SMP, dan kelas I SMA. Jadi ada jangka panjang untuk 5 tahun ke depannya dan ada regenerasinya. Kalau kita pakai anak-anak kelas III SMA, tidak lama sudah selesai. Kemudian Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan, kita inginnya drum band ini ke depannya sudah bisa menjadi ikon. Saya juga sudah mengomunikasikan hal ini dengan Pak Sekda sebelumnya,” kata Rony Kurniawan.

Sementara itu, Joni Suryadi selaku Sekretris di PDBI Kabupaten Lingga menambahkan, kalau pihaknya memang belum memperoleh juara pada beberapa kategori yang ada.

“Alhamdulillah pada hari ini, kami Marching Band Gita Thata Citra Kencana PDBI Kabupaten Lingga, telah selesai mengikuti bermacam lomba yang dilaksanakan Dispora Kota Batam, berupa lomba Marching Band untuk kategori Drum Battle, Colourguard Contest, Display Contest, dan Mayoret Contest. Alhamdulillah pada hari ini, walaupun belum menempati posisi yang sangat istimewa, tetapi alhamdulillah Marching Band Kabupaten Lingga sudah bisa memperoleh juara I mayoret terbaik, juara III Gitapati Umum, dan juara III Display Umum. Memang ada beberapa kategori yang kami belum bisa peroleh, mudah-mudahan untuk tahun depannya. Mudah-mudahan Lingga bisa mengikuti lagi untuk tahun depan. Ini merupakan pengalaman pertama buat anak-anak, dan dapat melihat, inilah lomba yang selama ini belum pernah mereka ikuti,” kata Joni.

Joni juga mengatakan kalau mereka masih kekurangan dari segi alat dan durasi buat pelatih yang ada.

“Ada satu pesan yang kami harapkan kepada semua pihak, termasuk pemerintah setempat. Kita ada potensi, anak-anak punya potensi, cuma untuk saat ini kami berharap ke depannya, dua catatan yang harus dipenuhi, dari sisi alat kita masih kurang dan kami berharap ada satu pelatih yang hadir di Kabupaten Lingga. Karena untuk mengikuti sebuah lomba, tidak mungkin kita mendatangkan pelatih hanya dengan durasi satu bulan saja. Jadi, kami bisa bersaing dengan marching band yang ada di Provinsi Kepri ini. Mudah-mudahan tahun depan, bukan hanya di Provinsi Kepri, tetapi kita juga bisa ikut di kancah nasional,” papar Joni.

Joni juga memberikan apresiasi kepihak-pihak yang telah ikut membantu, hingga PDBI Lingga mampu mengikuti ajang Kejuaran Batam Open Marching Band Champhionship Tahun 2019 ini.

“Terima kasih kepada Pemkab Lingga, Sekda Lingga, Disparpora, Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, KONI Kabupaten Lingga, PDBI, kepala sekolah yang siswanya terlibat di atlit drum band Lingga. Kemudian para orang tua, pelatih, offecial serta sponsor yang telah membantu, baik moril maupun matreril , Bank Riau Kepri Dabo, Dinas Kesehatan, Bapak Muddasir , kawan-kawan media. Tanpa media mungkin orang tak kenal kita, Bapak Hasan dan Kakak Izar (orang Dabo yang tinggal di Batam) dan Camat Singkep,” kata Joni.

Sementara itu, Anuar, salah satu anggota Marching Band Gita Thata Citra Kencana, memberikan apresiasi kepada pihak PDBI Kabupaten Lingga dan para pelatih yang ada.

Urul Syakira Aini, juara I Mayoret Marching Band Gita Thata Citra Kencana dari PDBI Kabupaten Lingga

“Terima kasih kepada Ketua PDBI Kabupaten Lingga, Ronny Kurniawan dan Sekretaris PDBI, Joni Suryadi, juga para pelatih kami, bang Baim, bang Angga, dan Mas Ponco yang telah melatih kami selama kurang lebih satu bulan ini dan juga kepada pihak Pemkab Lingga,” kata Anuar. (Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.