Pemanfaatan Ruang Kosong, Pemkab Lingga Gandeng HIPMI Lingga Gelar Bazar

Pemanfaatan Ruang Kosong, Pemkab Lingga Gandeng HIPMI Lingga Gelar Bazar

Selingga.com (15/03) Dabo. Menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Lingga, Pemkab Lingga memanfaatkan ruang kosong yang ada di dalam lokasi emplasemen Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, dengan menggelar bazar. Kepada pihak media, Bupati Lingga, Muhammad Nizar yang saat itu didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Nasiruddin, Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy, dan Ketua HIPMI Kabupaten Lingga, Yanuar, usai melihat langsung lapak-lapak jualan yang baru digelar untuk pertama kali pada Minggu (14/03) pagi tadi, mengatakan kalau dibuka ruang kosong tersebut agar bisa memberikan pengaruh ekonomi pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMIM) yang ada saat ini.

“Kita melakukan upaya semaksimal mungkin untuk memanfaatkan ruang-ruang kosong yang ada hari ini, adanya pasar modern yang terintegrasi. Kita juga bekerja sama dengan kawan-kawan dari HIPMI Kabupaten Lingga untuk mengelola kawasan ini, supaya adanya efek ekonomi dari UMKM, khususnya yang ada di Dabo Singkep. Supaya ada semangat baru. Makanya kita siapkan di lokasi ini untuk mereka membuka usaha yang kita batasi dari jam 06.00-10.00 pagi. Ini untuk menjawab salah satu persoalan-persoalan yang mungkin barangkali bisa kita lakukan dengan cepat pada hari ini. Di sini pemerintah daerah bekerja sama juga dengan kawan-kawan DPRD Lingga,” kata Muhammad Nizar.

Bupati Lingga, Muhammad Nizar didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Nasiruddin, Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy, dan Ketua HIPMI Kabupaten Lingga, Yanuar

Selain lapak pedagang, di lokasi dalam emplasemen Dabo ini saat itu juga digelar Car Free Day serta senam yang nantinya akan rutin dilaksanakan setiap minggunya.

“Untuk menghidupkan suasana, di sini kita juga menggelar Car Free Day. Kita jadikan ini sebagai momen sekali dalam setiap minggunya, di sini ada yang bersepeda, senam yang ada penanggung jawabnya masing-masing. Kami Pemda dan teman-teman DPRD bersama untuk membangun, membuat suasana nyaman. Makanya kita minta HIPMI Lingga untuk mengelola UMKM ini supaya ada yang mengaturnya,” kata Muhammad Nizar.

Pemanfaatan Ruang Kosong, Pemkab Lingga Gandeng HIPMI Lingga Gelar Bazar

Bupati Lingga ini berharap kegiatan yang ada tersebut bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat kita. Apalagi di tengah-tengah pandemik Covid, suasana seperti ini walaupun pelan, namun kita melangkah pasti,” kata Muhammad Nizar.

Car Free Day di dalam lokasi emplasemen Dabo Singkep

Selain itu, Muhammad Nizar menambahkan kalau langkah penguatan ekonomi dengan program yang lebih besar lagi akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Ini bagian kecil daripada yang telah kita wujudkan sampai hari ini, namun ada program-program besar nantinya. Mudah-mudahan dalam beberapa waktu ke depannya kita akan berbicara dengan teman-teman DPRD bagaimana untuk penguatan ekonomi yang lainnya, seperti IKM yang ada di Resang itu. Kemudian untuk pabrik di Daik, persiapan untuk sagu kita yang sudah dapat lampu hijau dari bapak Rachmat Gobel, dan di sini nantinya dalam waktu yang cepat juga untuk pakan ikan, kita usahakan segerakan produksinya. Kemudian AMDK sudah berjalan pelan-pelan, tinggal kita menata sedikit saja,” papar Muhammad Nizar.

Terakhir, Bupati Lingga ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama menggali potensi yang ada di Kabupaten Lingga ini guna untuk kesejahteraan masyarakat.

Car Free Day di dalam lokasi emplasemen Dabo Singkep

“Apa yang kita kerjakan ini untuk menuju Lingga yang maju dan sejahtera masyarakatnya. Kalau kita sendiri-sendiri, tidak ada maknanya. Makanya kita merangkul, mengajak semuanya. Ayo, banyak potensi yang harus kita gali dan yang harus kita kerjakan bersama-sama,” kata Muhammad Nizar. (Im)

Read Previous

Soto Kwali Cabang Sukoharjo Hadir di Dabo Singkep

Read Next

SMA Negeri 1 Singkep Gelar Final POAS Bola Voli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *