Pembukaan STQ Kecamatan Singkep

Lingga123 Views
banner 468x60

Selingga.com (23/02) Dabo. Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga melalui LPTQ Kecamatan Singkep menggelar kegiatan Seleksi Tilawatil Quran X tahun 2023 ini. Kegiatan pembukaan STQ X tingkat Kecamatan Singkep ini digelar pada Rabu malam (22/02) tadi di halaman Gedung Nasional, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Ketua LPTQ Kecamatan Singkep, Keizzy Dalfi usai acara pembukaan malam itu mengatakan kalau jalannya STQ tingkat Kecamatan Singkep tersebut diikuti sebanyak 89 orang peserta.

“Untuk STQ tingkat Kecamatan Singkep tahun 2023 ini, peserta yang mengikuti seleksi terdiri dari perwakilan 3 kelurahan dan 3 desa. Jumlah peserta sebanyak 89 peserta,” kata Keizzy Dalfi.

Dari beberapa cabang yang diperlombakan, untuk Kecamatan Singkep sendiri yang menjadi cabang unggulan dan sering meraih prestasi adalah cabang syarhil, fahmil, serta khattil quran.

Pembukaan STQ Kecamatan Singkep

“Adapun cabang-cabang lomba yang kita adakan adalah cabang lomba tilawah anak-anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, dan tartil anak-anak putra dan putri. Kemudian syarhil, fahmil, khattil quran, dan hifzil quran. Cabang yang menonjol di Kecamatan Singkep dan kita harapkan meraih prestasi adalah cabang syarhil dan fahmil serta khattil quran,” papar Keizzy Dalfi.

Keizzy Dalfi juga menambahkan kalau pada pelaksanaan STQ tingkat kabupaten nantinya, pihaknya akan mengikuti semua cabang lomba yang diperlombakan nantinya.

“Insya Allah di tingkat kabupaten nantinya kita akan memenuhi semua cabang lomba yang diperlombakan oleh LPTQ kabupaten. Kalau untuk cabang lomba di tingkat kabupaten, nantinya mengacu kepada cabang lomba sebagaimana cabang lomba pada MTQ kecamatan dan provinsi. Sebenarnya STQ itu hanya cabang lomba membaca Alquran, tetapi kabupaten kita mengadakan lomba sebagaimana cabang lomba pada MTQ pada umumnya,” papar Keizzy Dalfi.

Sementara itu Camat Singkep, Agustiar mengatakan kalau keberhasilan kegiatan pembukaan STQ X tingkat Kecamatan Singkep tersebut tidak terlepas dari peran serta dan dukungan dari masyarakat.

Baca juga :   Awe Disindir Seperti "Lipas Kodong"

“STQ X tingkat Kecamatan Singkep yang diselenggarakan pada tahun 2023 ini, kegiatan ini terselenggara berkat kekompakan masyarakat Singkep yang memberikan laluan, memberikan masukan sehingga kegiatan ini dapat kami laksanakan pada 22 Februari 2023 ini,” kata Agustiar.

Camat Singkep ini juga menambahkan kalau dari digelarnya kegiatan STQ tersebut, dapat memberikan dampak positif, terutama bagi kalangan muda nantinya.

“Kegiatan ini memberikan arti positif kepada masyarakat, terutama kepada kami selaku penyelenggara pemerintah. Bagaimana generasi muda untuk cinta terhadap Alquran, sehingga menjadi bekal mereka di kemudian hari nanti,” kata Agustiar.

Tujuan diselenggarakannya STQ tingkat Kecamatan Singkep ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas dan kesemarakan kehidupan beragama dalam wadah NKRI serta untuk mempersiapkan qari dan qariah, hafiz dan hafizah, fahmil dan khattil quran yang akan mewakil Kecamatan Singkep pada STQ tingkat Kabupaten Lingga nantinya.

Pembukaan STQ Kecamatan Singkep

Selain itu juga merupakan pelaksanaan program LPTQ untuk meningkatkan mutu qari dan qariah, hafiz dan hafizah, serta peserta STQ lainnya dengan mengikutsertakan mereka pada penyelenggara STQ sejak penyelenggaraan di tingkat kecamatan sampai dengan tingkat kabupaten.

Kegiatan STQ ini juga untuk menumbuhkembangkan gairah para generasi muda, khususnya generasi muda Islam agar lebih meningkatkan upaya untuk menggali, mengembangkan, serta mencintai seni yang bernuansa Islami, sekaligus upaya-upaya untuk melestarikannya sebagai aset budaya bangsa. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *