Pemkab Lingga Akan Akhiri Bloking Area

Bupati Lingga,Alias Wello

Selingga.com (28/05) Dabo. Pemerintah pusat sedang mempersiapkan untuk memasuki fase New Normal atau fase kenormalan baru di tengah wabah Corona saat ini. Diberlakukan New Normal salah satunya adalah untuk menggerakkan roda perekonomian yang saat ini tertahan dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sementara itu, Kabupaten Lingga yang sebelumnya menerapkan kebijakan blocking area, harus menyesuaikan dengan kebijakan dari pusat terkait dengan kebijakan New Normal ini. Hal tersebut dikatakan Bupati Lingga, Alias Wello, usai mengadakan rapat tim gugus tugas dan forkopimda  yang ada di Gedung Daerah, Dabo, Kabupaten Lingga pada Kamis (28/05) tadi.

“Kebijakan kita di daerah, ini kan, blocking area, jadi kita menyesuaikan dengan kebijakan dari pusat, New Normal itu. Makanya kita sekarang membuka resmi blocking area dengan melakukan kembali operasional dari fery-fery untuk angkutan penumpang. Namun, tetap dalam koridor protokoler kesehatan,” kata Alias Wello.

Rapat tim gugus tugas dan forkopimda di Gedung Daerah

Terkait itu juga, Bupati Lingga mengatakan kalau mereka akan melakukan rapat dengan pihak operator fery, Ro-Ro, serta para pemilik kapal kargo.

“Rencananya besok kita akan rapat dengan para operator fery, kemudian dengan Ro-Ro, serta beberapa pemilik kapal kargo, dan akan kita tetapkan tanggalnya,” tambah Bupati Lingga ini.

Rapat tim gugus tugas dan forkopimda di Gedung Daerah

Selain itu, Pemkab Lingga juga juga sudah mempersiapkan administrasi untuk penyampaian informasi kepada masyarakat.

“Dari pemerintah daerah sendiri, hari ini kita sudah mempersiapkan administrasinya untuk disosialisasikan ke masyarakat. Kalau kita sudah membuka blocking area, otomatis daerah pelayaran awal yang memang sudah ada, itu yang akan kita buka,” jelas Alias Wello.

Disinggung apakah nanti akan ada pengurangan penumpang atau tetap, Alias Wello mengatakan kalau akan ada pembatasan penumpang, jaga jarak, dan juga beberapa pemeriksaan terkait orang yang akan datang ke Lingga nantinya.

“Besok itu, kita akan menyesuaikan dari hasil rapat yang berkembang. Kita membatasi jumlah penumpang, pengaturan jarak, dan sebagainya. Namun, tetap orang yang datang ke sini, keluar-masuknya tetap kita mensyaratkan dengan surat kesehatan, pemeriksaan suhu badan, mungkin juga harus ada surat rapid test yang akan kita pertimbangkan dulu,” papar Alias Wello.

Selain itu, untuk petugas kesehatan juga akan dipersiapkan ketika blocking area dibuka.

“Memang harus siap. Sudah harus siap,” kata Alias Wello.

Rapat tim gugus tugas dan forkopimda di Gedung Daerah

Terakhir, ketika disinggung terkait dengan pendidikan, Bupati Lingga mengatakan kalau hal tersebut akan dibahas nantinya.

“Kalau untuk pendidikan, ada beberapa opsi tadi. Kita masih melakukan pembahasan hari ini. Besok, Jumat, 29 Mei, sudah ada hasil finalnya,” kata Alias Wello. (Im).

Read Previous

Persetujuan Berlayar MV Beauty Lotus Sesuai Ketentuan

Read Next

Sebelum Peserta Didik Masuk Sekolah, M. Nizar Semprotkan Disinfektan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *