Pertama Kali, Panggung Puisi Untuk Pelajar, Dari Dinas Kebudayaan Lingga

0
Paridah,S.Pd.SD (kiri) dan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, M. Ishak

Selingga.com (31/07) Daik. Semarak Lomba 2019 Museum Linggam Cahaya Kabupaten Lingga Bunda Tanah Melayu (Lomba Tahap I) berada di puncaknya pada Rabu (31/07) tadi, di Daik. Penyerahan hadiah bagi pemenang Lomba Baca Puisi saat itu, menandakan berakhirnya kegiatan yang dipusatkan di halaman Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga ini.

Penanggung jawab kegiatan sekaligus Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, M. Ishak, dalam sambutannya saat itu mengatakan kalau pihaknya baru pertama kali melakukan kegiatan yang ada, semenjak terbentuknya Kabupaten Lingga itu.

“Tahniah kepada adik-adik kita serta terima kasih kepada pembina dan sekolah-sekolah yang telah mengirimkan utusannya. Begitu juga kepada dewan juri yang telah memberikan penilaian yang objektif. Sejak kabupaten kita terbentuk selama 15 tahun lalu, inilah baru pertama kali kita mengadakan acara, menyiapkan panggung untuk anak-anak kita, adek-adek kita yang berbakat untuk membaca puisi,” kata M. Ishak.

M. Ishak juga menambahkan, kalau pihaknya ingin menggali segala potensi yang ada.

“Itulah tugas kita sedikit demi sedikit untuk menggali segala potensi yang ada. Tentunya dalam pelaksanaan perdana ini, tidak ada gading yang tak retak. Tentunya ada kekurangan di sana-sini. Insya Allah pada acara tamadun nantinya, pemenang pertama baca puisi ini akan kita sandingkan dengan pembaca puisi tingkat nasional dan internasional, Insya Allah,” kata M. Ishak.

Sedangkan Paridah,S.Pd.SD selaku PPTK Kegiatan mengatakan kalau rangkaian yang ada dimulai dari Senin (15/07) lalu.

“Kegiatan yang diikuti pelajar setingkat SLTA se-Kabupaten Lingga ini, dimulai dari tanggal 15-23 Juli 2019 berupa pendaftaran peserta lomba cipta puisi, lomba baca puisi,dan lomba film pendek. Tanggal 27 Julinya berupa presentasi peserta Lomba Film Pendek yang dinyatakan lulus seleksi online. Kemudian Senin (29/07), dilakukan technical meeting Lomba Cipta Puisi dan Lomba Baca Puisi. Pada selasa (30/07) dilanjutkan dengan Lomba Cipta Puisi sekaligus diumumkan pemenangnya setelah selesai lomba. Kemudian sehari setelahnya, pada Rabu (31/07) dilanjutkan dengan Lomba Baca Puisi sekaligus pengumuman pemenangnya,” kata Paridah.

Untuk juri yang memberikan penilaian kepada para peserta, pihak Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga menghadirkan Hamzah S., Norman S.,dan Drs.Azmi. Pemenang Lomba Film Pendek, juara I diraih oleh SMAN 1 Singkep dengan judul “Mulia Kain Karena Bermakna” (Tudung Manto). Disusul kemudian oleh SMAN 1 Lingga di posisi II, dengan film pendeknya yang berjudul “Sang Gerilya Laut”. Terakhir, juara III diraih oleh SMAN 1 Singkep Barat, dengan film pendeknya yang berjudul “Meriam Tegak”.

Pada Lomba Cipta Puisi, untuk juara I, keluar sebagai pemenangnya adalah puisi “Tuan Bertuah”, yang merupakan utusan pelajar dari SMAN 01 Lingga Utara. Di tempat II diraih peserta dari SMAN 2 Singkep, dengan puisi yang berjudul “Afeksi Anak Bangsa Terhadap Pejuang Budaya”. Sedangkan juara ke III diraih pelajar dari SMA Baitul Qur’an Singkep dengan judul puisinya “Baginda Rajaku Tercinta, Sultan Mahmud Riayat Syah III”. Posisi juara ke IV jatuh kepada pelajar dari SMKN 2 Lingga, melalui puisinya yang berjudul “Tekad Bersamaku”.

Bagi peserta Lomba Baca Puisi, Pipit Darmayanti dari SMAN 1 Singkep Barat keluar sebagai juara I dan disusul Hafizah, pelajar dari SMAS Baitul Qur’an di posisi II. Sedangkan Sisi Amalia dari SMAN 1 Lingga Utara menyusul di posisi ke III dan Muhammad Legawa Alit Al Bandika dari SMAN 1 Singkep untuk juara IV nya.(Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.