Polres Lingga Siapkan Langkah Pengamanan 28 Gereja

0
69
Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K., M.T. (tengah) saat diwawancara pihak media

Selingga.com (17/12) Dabo. Untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 nanti, Polres Lingga menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Lilin Seligi 2019, Selasa (17/12) di ruang Rupatama Polres Lingga. Jalannya rakor tersebut diikuti oleh Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K., M.T., Bupati Lingga yang diwakili Wakil Bupati Lingga, M. Nizar, S.Sos., Wakapolres Lingga, Danlanal Dabo Singkep yang diwakili Pjs. Palaksa Lanal Dabo Singkep, Kepala Dishub Kabupaten Lingga, Kepala DKPPKB Kabupaten Lingga, Kepala Kesbangpol Kabupaten Lingga yang diwakili oleh Kabid Kesatuan Bangsa, Danramil Dabo Singkep, Kepala BPBD Kabupaten Lingga, PJU Polres Lingga, Perwakilan BMKG Dabo Singkep, Perwakilan BASARNAS, OPD Kabupaten Lingga, FKPD Kabupaten Lingga, dan PWI Kabupaten Lingga.

“Untuk Rapat Koordinasi kesiapan Operasi Lilin 2019 dan Tahun Baru 2020 yang dilaksanakan di Polres Lingga tadi pagi dihadiri oleh wakil bupati, rekan-rekan TNI, dan seluruh stokholder. Kita mengambil kegiatan untuk menyamakan langkah, visi, dan misi dalam rangka pengamanan kegiatan Hari Raya Natal. Termasuk juga membicarakan kesiapan penanggulangan potensi bencana yang ada di wilayah kita yang dilatarbelakangi oleh anomali cuaca saat ini. Kemudian antisipasi kemungkinan adanya potensi-potensi kejahatan-kejahatan yang dapat muncul pada saat liburan Natal dan Tahun Baru,” kata Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T. kepada pihak media.

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Lilin Seligi 2019

Kapolres Lingga megatakan kalau mereka menyiapkan juga langkah pengamanan untuk kegiatan ibadah 28 gereja yang ada di Lingga.

“Tidak kalah pentingnya, memastikan pengamanan kegiatan ibadah di 28 gereja se-Kabupaten Lingga. Insyaa Allah, sudah kita siapkan langkah pengamanan dan pelaksanaannya juga gabungan TNI-Polri, Pol-PP, Perhubungan, Damkar, dan seluruh rekan-rekan yang terkait,” kata Kapolres Lingga.

Selain itu, persiapan pengamanan juga meliputi destinasi wisata dan lokasi-lokasi yang bakal menjadi tempat berlangsungnya kegiatan malam Tahun Baru nantinya.

“Kita juga memastikan wilayah atau lokasi-lokasi mana saja, destinasi wisata, serta tujuan kegiatan perayaan malam Tahun Baru 2020. Semua sudah kita bicarakan, kita siapkan langkah-langkahnya. Kesepakatan kita bersama untuk melakukan kerja sama, sinergisitas yang diakomodir dalam kegiatan Operasi Lilin Seligi 2019 ini,” kata Kapolres Lingga.

Sementara itu, Wakil Bupati Lingga, M. Nizar, S.Sos. dalam jalannya rapat koordinasi saat itu, menyampaikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi sebelumnya dengan OPD-OPD yang ada, terkait dengan pelaksanaan malam Tahun Baru tersebut. Wakil Bupati Lingga menambahkan kalau mereka siap bersinergi dan bekerja sama serta mendukung pihak Kepolisian dalam melaksanakan pengamanan pada rangkaian perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Wakil Bupati Lingga,M.Nizar

“Mari kita jadikan kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral ini untuk memantapkan tekad dan komitmen dalam rangka mengamankan serta menyukseskan perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020,” kata M. Nizar.

Selain itu, pergantian tahun nantinya juga akan dilaksanakan doa dan zikir bersama. Pihak Kemenag Lingga juga telah menyepakati untuk mengeluarkan surat edaran yang berisi kegiatan doa dan zikir bersama secara terpusat dalam merayakan malam pergantian tahun untuk mencegah adanya aksi yang dapat mengganggu situasi kamtibmas. (Im).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.