Puskesmas PKM Lanjut Gelar Vaksinasi Massal

Lingga137 Views
banner 468x60

Selingga.com (21/02) Singkep Pesisir. Puskesmas Penyuluh Kesehatan Masyarakat (PKM) Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga menggelar vaksinasi massal bagi kalangan pelajar. Kepala Puskesmas PKM Lanjut, dr. Kartika Eka Dwi Putri ketika ditemui di sela-sela kegiatan vaksinasi massal tersebut pada Sabtu (19/02) tadi di Puskesmas Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga mengatakan kalau target dari digelarnya vaksinasi massal kalangan pelajar tersebut adalah sekitar dua ratus dosis.

“Hari ini kita melaksanakan vaksinasi untuk anak-anak usia sekolah. Kita sudah mulai melakukan vaksinasi dari pelajar tingkat SD, SMP hingga SMA. Dosis pertamanya untuk pelajar SD dan dosis keduanya untuk SD, SMP, dan SMA. Target kita sekitar dua ratusan,” kata dr. Kartika Eka Dwi Putri.

Untuk kelancaran kegiatan vaksinasi massal kalangan pelajar tersebut, dr. Kartika Eka Dwi Putri mengatakan kalau pihaknya juga berkoordinasi dengan Korwil serta Polsek Dabo Singkep.

Kepala Puskesmas PKM Lanjut, dr. Kartika Eka Dwi Putri

“Kita berkoordinasi dengan pihak Korwil untuk mendatangkan pelajar yang ada. Alhamdulillah kita juga dibantu oleh pihak Polsek Dabo untuk penjemputannya. Alhamdulillah ramai yang datang,” terang dr. Kartika ini.

Disinggung kendala yang ada terkait dengan pelaksanaan vaksin tersebut, Kepala Puskesmas PKM Lanjut ini mengatakan kalau masih adanya persepsi negatif terhadap vaksinasi terhadap anak-anak.

“Kalau untuk kendalanya, masih ada persepsi dari masyarakat, terutama orang tua terkait dengan anak-anaknya. Namun kita dari Puskesmas Lanjut tetap melakukan sosialisasi terus menerus sampai akhirnya sasaran kita tercapai,” terang dr. Kartika.

Puskesmas PKM Lanjut Gelar Vaksinasi Massal

Sedangkan dosis untuk anak usia 12-16 tahun pada saat ini masih berada di angka 40 persen. Hal tersebut dikatakan dr. Kartika dikarenakan adanya pelajar dengan usia tersebut yang bersekolah di luar Kecamatan Singkep Pesisir.

Baca juga :   Rakor Pemegang Rekom Mitan Kelurahan Dabo

“Di Singkep Pesisir capaian kita untuk dosis satunya masih sekitar 60 persen lebih. Kalau untuk dosis kedua, kita tinggi, alhamdulillah sudah mencapai setengah dari sasaran. Dosis untuk anak usia 12-17 memang hanya baru sekitar 40 persen. Karena untuk usia 12-17, banyak juga yang bersekolah di luar Singkep Pesisir dan belum dihitung secara keseluruhan,” kata dr. Kartika.

Kepala Puskesmas PKM Lanjut ini berharap masyarakat di Kecamatan Singkep Pesisir bisa tervaksin secara herd immunity sampai dengan angka 70 persen.

“Harapannya, kita ingin masyarakat Singkep Pesisir ini bisa antusias dan sadar akan kesehatan. Memang tidak mudah dalam membentuk persepsi masyarakat tentang kesehatan. Tetapi tetap kami berusaha dan mudah-mudahan masyarakat Singkep Pesisir semuanya bisa tervaksin secara herd immunity (kekebalan kelompok) lebih dari 70 persen,” kata dr. Kartika Eka Dwi Putri.

Sementara itu, Kapolsek Dabo Singkep, Iptu Akhmadi mengatakan kalau pihaknya membantu untuk memobilisasi kalangan pelajar dari sekolah mereka hingga ke lokasi vaksinasi saat itu.

“Kami dari Polsek Dabo bersama personel pada hari ini membantu penjemputan, pengawalan, dan pengamanan vaksinasi kalangan pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA. Teknis kami adalah menjemput dari sekolah mereka untuk sampai ke tujuan Puskesmas Lanjut,” kata Iptu Akhmadi.

Kapolsek Dabo Singkep, Iptu Akhmadi

Kapolsek Dabo ini juga meminta kepada orang tua murid dan juga pihak guru untuk mendata ulang kalangan pelajar yang belum melakukan vaksinasi.

“Kita juga berharap tercapainya target vaksinasi, terutama di Kecamatan Singkep Pesisir ini. Kami juga mengimbau bagi orang-orang tua kita, bagi para guru supaya bisa mendata ulang siapa-siapa yang belum divaksin. Jadi nantinya juga ada vaksin susulan. Kita berharap targetnya bisa tercapai 100 persen vaksinasi di Kecamatan Singkep Pesisir ini,” kata Kapolsek Dabo. (Im).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *