Rakor Pembentukan dan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat Kabupaten

Lingga77 Views
banner 468x60

Selingga.com (28/03) Dabo. Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep gelar rapat koordinasi pembentukan sekaligus operasi gabungan tim pengawasan orang asing tingkat Kabupaten Tahun 2022 di Aula Sakura Hotel-Dabo Singkep,Lingga. (28/03/2022).

Rapat koordinasi pembentukan yang dibuka oleh sambutan Asisten II Bupati Lingga, Yusrizal mengatakan dengan berangsur berakhirnya pandemi tentu akan mulai dibuka kembali pintu masuk wisata termasuk ke wilayah Kabupaten Lingga dimana menjadi tugas bersama semua instansi melalui Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA).

“Dengan mulai berangsur berakhirnya masa pandemi yang melanda ini berarti akan kembali dibuka pintu masuk bagi wisatawan ke Negara Indonesia termasuk wilayah Kabupaten Lingga dimana kita ketahui dekat dengan Singapura dan Malaysia dimana diketahui merupakan tugas bersama seluruh instansi terkait yang termasuk dalam Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) yang akan kita bentuk.” kata Yusrizal dalam sambutannya.

Ditambahkan Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Agus mengatakan dibentuknya Tim Pengawasan Orang Asing tingkat Kabupaten ini merupakan wujud sinergi antar instansi dengan harapan dapat saling bekerjasama dan bertukar informasi terkait keberadaan orang asing dan aktifitasnya.

“Dibentuknya Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) ini selain untuk meningkatkan pengamanan dan penegakan hukum, juga sebagai wujud sinergi antar instansi dengan harapan semua instansi yang termasuk dalam Tim dapat saling bekerjasama dan bertukar informasi terkait keberadaan serta aktifitasnya orang asing di Wilayah Kabupaten Lingga.” kata Agus.

Sedangkan menurut Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Raden Imam Jati Prabowo melalui Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim), Indra Leksana mengatakan, usai melakukan rapat pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA), pihaknya bersama instansi yang tergabung dalam Tim langsung melakukan operasi gabungan pengawasan orang asing.

Baca juga :   Bupati Lingga, Kukuhkan Paskibraka Tahun 2021

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan pembentukan TIMPORA dan dilanjutkan dengan operasi gabungan pengawasan orang asing. Tadi ada dua target, kami ke perusahaan PT. Telaga Bintan Jaya dan PT. Asi Pudjiastuti Aviation. Dari segi Keimigrasian sendiri tidak ada temuan dan izin tinggalnya masih berlaku semua,” ungkap Indra Leksana.

Rakor Pembentukan dan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat Kabupaten. (Foto : istimewa)

Diungkapkan Indra Leksana, di dua lokasi yang menjadi target operasi gabungan TIMPORA tidak adanya ditemukan pelanggaran, hanya ada tambahan dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lingga terkait Orang Asing yang dipekerjaan oleh perusahaan atau swasta.

“Untuk TIMPORA terdiri dari unsur TNI, POLRI serta instansi terkait tingkat Kabupaten di wilayah kerja Imigrasi Dabo Singkep. Dari 2 tempat tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian, semua dokumen lengkap dan masa berlakunya valid. Hanya tadi ada saran dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lingga terkait untuk pelaporan izin kerja dari perusahaan atau swasta di Dinas Tenaga Kerja setempat yang mempekerjakan Orang Asing” tutup Indra Leksana.(red/rilis)

 

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *