Rakor Pengamanan Moeldoko Digelar di Ruangan Rupatama Mapolres Lingga

Lingga51 Views
banner 468x60

Selingga.com (23/11) Dabo. Wacana kedatangan Kepala Staf Presiden (KSP), Jenderal (Purn) Moeldoko ke Lingga pada Minggu (24/11) nanti, disikapi oleh pihak Polres Lingga dengan menggelar Rapat Koordinasi bersama instansi terkait, pada Jum’at (22/11) tadi di Ruang Rupatama Polres Lingga. Dijadwalkan kedatangan Moeldoko nantinya, akan mengunjungi beberapa titik yang ada di wilayah Kabupaten Lingga. Selain melakukan pengamanan terkait dengan kedatangan Moeldoko, Rapat Koordinasi yang ada juga untuk pengamanan Hari Jadi Kabupaten Lingga – 16.
“Tadi kita sudah melaksanakan Rapat Koordinasi untuk rencana pengamanan Kepala Staf Presiden, Bapak Jenderal (Purn) Moeldoko, yang Insya Allah akan hadir ke Kabupaten Lingga, diperkirakan pada Minggu (24/11) pagi, yang akan mengunjungi berbagai lokasi, yang masih juga dalam rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Lingga-16,” kata Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T kepada pihak media, usai menggelar Rakor hari itu.
Kapolres Lingga mengatakan, kalau dari rakor yang dilakukan bersama Bupati Lingga, TNI dan Satpol – PP tersebut, akan menurunkan lebih kurang 200 personil gabungan.

“Hasil Rakor pengamanan kita tadi, sebagai bentuk sinergitas TNI – Polri serta Satpol PP, sudah mengambil beberapa langkah bersama Bupati Lingga. Kami akan menurunkan jumlah personil gabungan sebanyak kurang lebih 200 personil, gabungan dari TNI, rekan-rekan dari Kodim, Lanal, Polres Lingga maupun dari Satpol PP Lingga. Personil tersebut kami turunkan dibeberapa titik atau lokasi kegiatan, dari pada Bapak Kepala Staf Presiden nanti, yang akan menghadiri langsung. Rencana kunjungan beliau juga hanya di Hari Minggu saja. Beliau kemungkinan hadir pada pagi hari, langsung kembali siang menjelang sore hari,” jelas Kapolres Lingga.
AKBP Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T ini juga mengatakan, kalau pihaknya akan menghitung apakah akan ada penambahan personil dari Satbrimob dalam pengamanan tersebut.
“Dari Polda, In Saa Allah Dansat Brimob juga akan hadir. Sampai saat ini kami juga masih menghitung kebutuhan apa-apa saja, apakah perlu untuk penambahan personil Brimob atau belum, mengingat ini adalah tamu VIP. Kita bersama-sama TNI – Polri dan Satpol PP, untuk melaksanakan pengamanan semaksimal mungkin,” kata AKBP Joko Adi.

Kapolres Lingga ini juga menambahkan, kalau sejauh ini, keadaan diwilayah Kabupaten Lingga masih kondusif.
“Rapat dari rekan-rekan intelejen, Komunitas Intelejen Daerah, baik dari TNI – Polri, Kejaksaan dan seluruh stokholder yang memiliki pungsi intelejen, termasuk BIN yang ada di wilayah kita, sudah melakukan rapat untuk mendeteksi segala macam bentuk potensi gangguan yang ada di sini. Alhamdulillah, sampai saat ini masih kondusif dan masyarakat juga tidak ada penolakan, bahkan menunggu untuk menyambut kedatangan Bapak Muldoko. Kita juga bersinergi dengan rekan-rekan Densus, untuk mengetahui ada tidak adanya jaringan teroris di wilayah kita. Alhamdulillah, tidak ada. Dari tadi malam sampai menjelang kedatangan, sampai kepulangan beliau, rekan-rekan TNI juga memberikan input kepada kita. Melalui satuan-satuan diatasnya, terus memberikan data kepada kita, bagaimana keadaan kondisi di wilayah kita,” tambah Kapolres Lingga.
Kapolres Lingga kemudian menjelaskan, kalau sejauh ini, mereka belum menentukan titik-titik dari kunjungan tersebut, dikarenakan singkatnya waktu kunjungan yang ada.

“Kita upayakan simulasi, gladi, untuk memaksimalkan kegiatan kita pada Hari – H. In Saa Allah nanti, Kabagops yang akan memimpin bersama rekan-rekan dari perwakilan dari TNI dan Satpol PP, untuk melakukan gladi, mulai dari pengawalan, kemudian pengamanan ditempat lokasi-lokasi tempat kegiatan, sampai dengan kembalinya beliau ke Batam. Sampai saat ini, jumlah titik masih belum bisa dipastikan. Karena waktu kunjungan beliau yang sangat singkat, sementara ada beberapa lokasi yang ingin dikunjungi. Tadi Bupati menyampaikan kepada kita semua, bahwa kita yang akan mengusulkan kepada beliau, kira-kira yang paling menjadi prioritas, yang mana saja yang akan dikunjungi. Mengingat waktu kunjungan yang sangat pendek,” jelas Kapolres Lingga.
Sementara itu dari pihak TNI – AD, Mayor Telaumbanua mengatakan kalau mereka telah mengerahkan Babinsa-Babinsa yang ada, untuk memantau perkembangan yang ada.
“Kegiatan ini, dari TNI harus ditingkatkan sinergitas TNI – Polri, terutama yang datang inikan jelas merupakan pimpinan kita dari pusat, harus kita amankan sepanjang wilayah Kabupaten Lingga ini. Kita sudah berkomitmen, semua anggota kita kerahkan, terutama saat ini Babinsa-Babinsa yang ada di wilayah, memonitor perkembangan-perkembangan sepanjang ada muncul hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga nanti pada saat Hari – H, kunjungan tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang sudah disampaikan Bupati, tadi,” kata Danramil Lingga.
Sedangkan dari Lanal Dabo, Kapten Laut (PM) Ferry Rungkat menyatakan dengan singkat, kalau mereka telah siap untuk melakukan pengamanan.
“Kami dari Lanal, sampai saat ini siap untuk melaksanakan pengamanan bersama TNI – Polri dan Satpol PP,” kata Kapten Laut (PM) Ferry Rungkat singkat.
Terakhir, dari pihak Satpol PP Lingga menambahkan kalau sejauh ini telah nampak persiapan-persiapan yang telah dilakukan terkait dengan pengamanan di wilayah Kabupaten Lingga.
“Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Lingga, mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI – Polri. Dari awal kegiatan inipun telah melakukan rapat-rapat koordinasi dan telah nampak persiapan-persiapan yang telah dilakukan oleh TNI – Polri bersama Satpol – PP, dalam antisipasi berupa operasi gabungan guna melakukan pendeteksian awal di wilayah Kabupaten Lingga,” kata Febrizal Taufik, Kabid Penegakan Perda Satpol – PP Lingga. (Im).

banner 325x300
Baca juga :   Dinkes Lingga Sosialisasi Penyakit Kaki Gajah Bersama Polres Lingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *